Dari Mana Asal Usul Merek “Apple”? Ini Jawabannya!
Apple, namanya dibuat Steve Jobs karena ia menyukai buah apel. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak yang sudah tahu, kalau   Apple adalah nama buah dan juga merk produk teknologi canggih yang mendunia. Tapi dari mana tepatnya nama "Apple"  itu sendiri berasal, dan bagaimana cara memilihnya?

Ada sejumlah kisah mendebarkan bahkan rumor seputar asal usul nama Apple. Tapi mana sebenarnya yang benar?

Mengapa Apple Disebut "Apple"?

Ada sejumlah teori liar di balik asal usul nama Apple. Mulai dari Steve Jobs dan Steve Wozniak memilih nama untuk muncul di depan Atari di buku telepon hingga menjadi penghargaan untuk Apple Records milik The Beatles.

Terlepas dari sensasi kisah liar ini, kebenarannya jauh lebih sederhana. Menurut biografi Steve Jobs karya Walter Isaacson, Jobs muncul dengan nama itu hanya karena dia menyukai buah apel.

Menurut Isaacson, Jobs memilih nama itu karena "kedengarannya menyenangkan, bersemangat, dan tidak mengintimidasi... plus, itu akan membuat kita lebih unggul dari Atari dalam buku telepon."

Jadi sepertinya ada sedikit kebenaran dari salah satu teori tentang asal usul nama Apple.

Menurut salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, Jobs baru saja kembali dari sebuah peternakan di Oregon, yang digambarkan oleh Jobs sebagai "kebun apel," dan menyarankan agar mereka menamai perusahaan mereka "Apple Computer."

Wozniak lebih lanjut menguraikan dalam otobiografinya, iWoz, bahwa mereka berdua mencoba memikirkan nama yang terdengar lebih teknis, tetapi tidak dapat melakukannya, jadi mereka memilih nama Apple. Sesederhana itu!

Jadi begitulah, itulah cerita di balik bagaimana Apple mendapatkan namanya.

Gigitan Paling Terkenal di Dunia...

Logo Apple identik dengan perusahaan yang terkait dengannya. Ini juga memiliki beberapa teori liar tentang asal-usulnya, termasuk kisah yang diilhami Alan Turing, ilmuwan yang meninggal setelah makan apel yang mengandung sianida.

Pencipta logo, Rob Janoff, menjelaskan kepada Forbes bahwa gigitan itu dimaksudkan untuk memberikan rasa skala dan bahwa itu adalah apel dari pada buah lain yang lebih kecil. Fakta menarik lainnya tentang Apple adalah bahwa logo tersebut awalnya menampilkan Sir Isaac Newton, sebelum disederhanakan menjadi bentuknya saat ini.

Nama Ikonik yang Tenggelam dalam Sejarah

Beberapa perusahaan memiliki nama yang langsung dikenali seperti Apple. Karena Apple berhasil terus berinovasi dan mengejutkan masyarakat dunia dengan perangkat seperti iPod dan MacBook. Diyakini mereka akan terus membentuk lanskap teknologi selama bertahun-tahun yang akan datang.