Tata Neu, Aplikasi Super <i>E-commerce</i> Penantang Seirus Raja Ritel Dunia, Amazon dan Walmart
Tata Neu akan menjadi penantang Amazon dan Walmart. (foto; twitter @tata_neu ·)

Bagikan:

JAKARTA - Tata Group dari India pada Kamis meluncurkan "aplikasi super" e-commerce yang sangat ditunggu-tunggu. Aplikasi ini diklaim menawarkan segalanya mulai dari pakaian hingga tiket pesawat. Ini adalah usaha baru mereka untuk merebut pasar e-commerce yang berkembang pesat, yang didominasi oleh Amazon.com  dan Walmart Flipkart.

Tata Neu, yang telah bekerja selama sekitar dua tahun, adalah platform tunggal untuk merek grup, termasuk mode Westside, tiket Air Asia, elektronik Croma, grup hotel Taj, grosir online BigBasket, dan apotek online 1mg.

"Tujuan kami adalah untuk membuat kehidupan konsumen India lebih sederhana dan lebih mudah," kata Ketua Tata, N Chandrasekaran, di LinkedIn. Ia menambahkan bahwa maskapai patungan Vistara dan baru-baru ini mengakuisisi Air India, serta merek jam tangan Titan akan segera tersedia di aplikasi ini.

Grup berusia 154 tahun, yang meraup pendapatan 103 miliar dolar AS (Rp 1,4 quadraliun) pada 2020-21, adalah pemain terkemuka dalam pembuatan baja, outsourcing TI, dan utilitas lainnya. Namun mereka bisa dibilang paling dikenal secara internasional sebagai pemilik merek mobil mewah Inggris, Jaguar Land Rover. Tata juga membuat mobil di India dengan mereknya sendiri.

Dilaporkan oleh Reuters, Tata juga memiliki portofolio ritel offline yang luas, termasuk usaha patungan dengan Starbucks Corp. Toko fesyen dan arloji dari Tata ada di mana-mana, di jalan raya India dan mengoperasikan toko untuk merek fesyen Inditex Zara.

Meskipun meluncurkan sempat pasar online Tata CliQ pada tahun 2016, grup tersebut telah menjadi ikan kecil di pasar e-commerce yang secara luas diproyeksikan bernilai 200 miliar dolar AS (Rp 2,8 quadraliun) pada tahun 2026. Menurut sebuah sumber lewat Tata Neu, grup tersebut bertekad untuk mengubahnya.

Tata Neu akan menawarkan program keanggotaan dan skema loyalitas lintas merek di mana pelanggan dapat memperoleh dan menebus hadiah saat melakukan pembelian di aplikasi.