Lembaga <i>Crowd Funding</i>  Kripto Gagal dalam Lelang Sotheby's atas Salinan Langka Konstitusi AS
Salinan langka Konsitusi AS terjual di Lelang Sotheby's (foto; archives.gov)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah penawaran yang didanai oleh penggemar cryptocurrency untuk membeli salinan langka dari konstitusi AS gagal pada Kamis, 18 November. Dokumen tersebut malah terjual ke pembeli lain seharga 43,2 juta dolar AS (Rp616 miliar). Ini menjadi rekor harga lelang tertinggi untuk teks kuno yang dicetak, menurut rumah lelang Sotheby's.

Identitas penawar yang menang tidak diungkap jelas. Begitu pula tentang mengapa kelompok cryptocurrency, yang disebut "ConstitutionDAO" kalah pada harga itu, karena halaman crowd-funding mereka telah mengumpulkan lebih dari 47 juta dolar AS (Rp 670 miliar).

"Komunitas: Kami tidak memenangkan penawaran," kata ConstitutionDAO di Twitter, menjanjikan 17.437 kontributornya pengembalian dana dikurangi biaya transaksi. Sotheby's mengatakan itu adalah inisiatif crowd-funding terbesar yang pernah ada.

Salinan resmi edisi pertama yang sangat langka dari Konstitusi AS, yang diadopsi oleh para pendiri negara Amerika Serikat di Philadelphia pada tahun 1787, telah diperkirakan oleh Sotheby's dengan nilai 15 juta hingga 20 juta dolar AS.

Barang itu terakhir dijual seharga 165.000 dolar AS (Rp 2,3 miliar) pada tahun 1988, ketika diakuisisi oleh mendiang S. Howard Goldman, seorang pengembang real estat New York dan kolektor tanda tangan, dokumen, dan manuskrip Amerika.

“Tawaran yang menang adalah 41 juta dan harga akhir 43,2 juta dolar termasuk biaya overhead dan biaya lainnya,” kata sumber Sotheby's seperti dikutip Reuters.

Menurut Sotheby's, hasil penjualan ini akan disumbangkan ke yayasan amal atas nama istri dari mendiang Howard Goldman, Dorothy Tapper Goldman, untuk memajukan pemahaman publik tentang demokrasi.

Situs web ConstitutionDAO mengatakan bahwa para kontributor akan menjadi anggota Organisasi Otonomi Terdesentralisasi, atau DAO, tetapi mereka sendiri tidak memiliki kepentingan dalam dokumen tersebut.

DAO adalah sejenis komunitas online yang menggunakan teknologi blockchain yang memungkinkan anggota menyarankan dan memilih keputusan tentang cara menjalankannya.

Lebih dari 47 juta, atau 11.600 dari cryptocurrency ether, telah dibayarkan ke dalam proyek itu, menurut situs web crowdfunding, Juicebox.

"Sementara kami @ConstitutionDAO kalah dalam pertempuran, tujuh hari terakhir menunjukkan apa yang dapat dicapai sekelompok teman internet, meme, dan visi - bersaing ketat di rumah seni paling elit di negeri ini," Alice Ma, salah satu dari orang-orang di balik proyek tersebut, kata di Twitter..