Fintech Nubank dari Brasil Kini Jadi Raksasa, Aturan Baru Diperlukan
Nubank, fintech di Brasil yang kini jadi "bank raksasa". (foto: tangkapan layar nubank)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah Brasil berencana untuk menerbitkan peraturan baru untuk fintech pada hari Jumat, 19 November, setelah konsultasi publik oleh bank sentral, tiga sumber mengatakan kepada Reuters pada Kamis, 8 November.

Mereka mengatakan peraturan untuk perusahaan teknologi keuangan dibahas pada pertemuan luar biasa Dewan Moneter Nasional, yang mengawasi sistem keuangan dan moneter Brasil. Pertemuan akan dilanjutkan pada Jumat, 19 November.

Konsultasi publik diterbitkan setahun yang lalu, setelah keluhan dari bank-bank besar yang mapan bahwa fintech mendapatkan perlakuan khusus dengan peraturan yang longgar bahkan ketika mereka telah menjadi sangat besar.

Namun, otoritas Brasil mengatakan mereka akan mencoba untuk terus mendorong startup karena fintech membawa inovasi dan meningkatkan persaingan yang membuat bank-bank besar meningkatkan operasi mereka.

Lewat teknologi digital, Nubank telah menjadi sebuah raksasa yang kini menjangkau banyak nasabah di Brasil sehingga menyaingi bak-bank tradisional, yang mulai kewalahan. Selain itu, aturan baru juga diperlukan agar tidak terjadi monopoli fintech di Brasil.  

Konsultasi tersebut menunjukkan perlunya meningkatkan kebutuhan modal untuk fintech yang lebih besar seperti Nubank, PagSeguro  dan Stone.

Peraturan baru kemungkinan akan diumumkan saat Nubank, fintech paling terkemuka di Brasil, bersiap untuk penawaran umum perdana di New York yang diharapkan akan memberi nilai pada perusahaan sekitar 50 miliar dolar AS. Angka ini akan menempatkan Nubank sebagai lembaga keuangan paling berharga di Amerika Latin, melebihi bank terbesar di Brasil, Itaú Unibanco