Bank Digital Terkemuka Brasil Nubank Luncurkan Koin Kripto Nucoin
Nubank luncurkan cryptocurrency. (Foto; Dok. BMCNews)

Bagikan:

JAKARTA - Bank digital Nubank yang didukung oleh Warren Buffett, menjadi salah satu bank digital terbesar di Amerika Latin. Baru-baru ini, Nubank mengumumkan peluncuran cryptocurrency miliknya, nucoin. Token ini diterbitkan di atas jaringan Polygon dan akan didistribusikan secara gratis kepada pengguna layanan Nubank, dengan 80 persen dari total koin akan diberikan kepada para pelanggan.

Nucoin akan digunakan untuk berbagai kegiatan di masa depan, termasuk program cashback di mana pengguna akan menerima hadiah dalam bentuk token dan lotere internal nucoin. Namun, nucoin tidak akan tersedia di pasar sekunder, karena transaksi dengan token hanya tersedia di platform Nubank.

Saat ini, nucoin sudah tersedia untuk sebagian dari 70 juta pelanggan Nubank, dengan hampir 2 juta orang telah membeli cryptocurrency sebelumnya. Nubank belum mengungkapkan harga awal koin.

Selain itu, Nubank akan menawarkan lebih banyak opsi yang melibatkan nucoin, termasuk program staking yang memungkinkan pelanggan mengunci nucoins mereka untuk menerima lebih banyak nucoin dalam periode waktu tertentu atau tiket tambahan untuk lotere internal. Nubank juga berencana untuk menawarkan opsi menukarkan nucoin dengan uang tunai melalui platformnya.

Peluncuran nucoin tidak mengherankan bagi beberapa orang, karena Nubank telah mengerjakan inisiatif ini sejak Oktober tahun lalu. Pada saat itu, Fernando Czapski, direktur senior dan manajer umum di Nubank, menyatakan bahwa perusahaan percaya pada "potensi transformasional teknologi blockchain" dan dalam demokratisasinya.

Inisiatif Nubank serupa dengan yang dilakukan oleh perusahaan layanan keuangan dan ritel Mercado Libre pada Agustus tahun lalu. Kala itu, Mercado Libre juga menerbitkan cryptocurrency miliknya yang disebut mercadocoin, untuk menjadi bagian dari program loyalitas perusahaan. Namun, Mercado Libre menetapkan harga awal untuk tokennya, yang bernilai 0,10 dolar AS pada saat peluncurannya.

Peluncuran nucoin oleh Nubank menunjukkan bagaimana bank digital mulai mengeksplorasi potensi teknologi blockchain. Namun, dengan tidak tersedianya nucoin di pasar sekunder, masih harus dilihat apakah token ini akan menjadi daya tarik bagi investor dan pengguna cryptocurrency.