Brasil Jadi yang Pertama Jajal Fitur WhatsApp <i>Payment</i>
Ilustrasi WhatsApp (Image by HeikoAL from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbulan-bulan melakukan uji coba, akhirnya layanan pembayaran digital milik Facebook dan WhatsApp resmi meluncur hari ini. Brasil menjadi negara pertama yang akan menikmati layanan tersebut.

Dikutip dari The Verge, Selasa 16 Juni, fitur baru WhatsApp ini juga mendukung layanan Facebook Pay yang pertama kali diperkenalkan pada 2018. Dengan fitur ini orang akan dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa meninggalkan obrolan mereka.

Versi beta dari WhatsApp Payment ini juga hadir di India. Dalam keterangannya, WhatsApp menjelaskan kalau layanan pembayaran digital ini bisa diakses secara gratis, bahkan untuk pengguna non-business.

Layanan ini diklaim cukup aman dan mirip sekali dengan sistem M-banking yang biasa kita gunakan, karena akan bekerja dengan cara memasukkan PIN enam digit atau sidik jari untuk menyelesaikan sebuah transaksi.

"Kami telah membangun model terbuka untuk menyambut lebih banyak mitra di masa depan," ungkap pihak Facebook.

Di Brazil, WhatsApp mendukung penggunaan kartu debit atau kredit dari Banco do Brasil, Nubank, dan Sicredi. WhatsApp juga mendukung jaringan Visa dan Mastercard lewat bekerja sama dengan Cielo, pemroses pembayaran terkemuka di negara Brasil.

Tampilan WhatsApp Payment di Brazil (WhatsApp)

Ke depannya, Facebook akan meluncurkan layanan ini di seluruh dunia, terutama di negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbesar. "Menyederhanakan pembayaran dapat membantu membawa lebih banyak bisnis ke dalam ekonomi digital, membuka peluang baru untuk pertumbuhan," tulis Facebook.

Sejatinya, WhatsApp telah mengembangkan layanan bisnisnya termasuk membuka platform WhatsApp Business sejak 2014. WhatsApp Business merupakan terobosan baru Mark Zuckerberg, yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi produk dalam percakapan pelanggan.