Brasil izinkan Transfer Uang Pakai WhatsApp Pay
WhatsApp Pay segera hadir di Brasil (Gizchina)

Bagikan:

JAKARTA – Sempat mengalami penundaan, fitur anyar WhatsApp Pay akhirnya mendapat izin dari Brasil. Bank sentral Brasil sudah menyetujui penggunaan layanan WhatsApp untuk transaksi keuangan. 

Pengguna WhatsApp pun bisa menggunakan layanan baru dalam aplikasi chat itu untuk transfer uang. WhatsApp Pay akan bersaing dengan dengan sejumlah bank dan fintech yang menghadirkan layanan serupa.

“Kami sedang melakukan persiapan akhir agar pembayaran di WhatsApp mulai tersedia di Brasil secepat mungkin,” ujar pihak WhatsApp melalui sebuah pernyataan resminya.

Saat ini WhatsApp Payments baru bisa digunakan untuk transfer uang ke sesama pengguna. Namun pengguna Brasil belum bisa melakukan pembayaran ke e-commerce melalui pihak ketiga.

Untuk menggunakan layanan tersebut, pengguna Brasil terlebih dulu harus mendaftarkan kartu kreditnya terlebih dahulu kepada kepada bank mitra WhatsApp seperti Matercard dan Visa sebagaimana yang dilansir Reuters, 5 April.  

Pada 2020 lalu, WhatsApp sebenarnya sudah resmi merilis layanan WhatsApp Pay namun diblokir oleh pemerintah karena tidak mendapat lisensi dari bank sentral negara tersebut.

Sebelumnya platform chat milik Facebook itu juga pernah menumpang Visa dan Mastercard untuk menerapkan layanan barunya itu. Pada akhirnya, perusahaan memutuskan untuk mengikuti prosedur setempat dan memproses perizinan ke bank sentral.  

Tidak hanya WhatsApp Pay, Visa dan Mastercard juga akhirnya mendapat izin untuk menjadi mitra WhatsApp. Hingga saat ini pengguna WhatsApp di Brasil sudah mencapai 120 juta.

Meskipun demikian, WhatsApp belum menginformasikan secara detil terkait waktu peluncuran layanan WhatsApp Pay tersebut kepada publik. Selain di Brasil, WhatsApp Pay juga rencananya bakal tersedia bagi pengguna-penggunanya di negara lain, termasuk Indonesia.