Facebook Inc. Ciptakan Fitur Berbayar dan Berlangganan di Grup Facebook
Group Facebook kini sediakan konten berbayar atau berlangganan. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Facebook  sedang menguji cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang melalui Grup Facebook, seperti pengguna membayar biaya untuk akses eksklusif ke konten atau percakapan dalam subkelompok, kata perusahaan itu pada Kamis, 4 November.

Facebook, yang baru-baru ini mengubah namanya menjadi Meta, mengatakan tes tersebut merupakan bagian dari upaya berlangganan berbayar yang lebih luas. Perusahaan media sosial ini adalah salah satu dari banyak raksasa teknologi yang telah bekerja untuk merayu pencipta media sosial dan pengikut besar mereka melalui pembayaran dan alat baru.

Facebook, yang dalam beberapa tahun terakhir berfokus pada membangun komunitas sebagai taktik untuk mendorong keterlibatan di situs, mengatakan administrator Grup akan dapat menjalankan toko e-niaga untuk menjual barang dagangan atau membuat penggalangan dana komunitas, yang dapat mengimbangi biaya dalam menjalankan Grup tersebut.

Pada Rabu, 3 November, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga mengatakan bahwa pembuat akan dapat membagikan tautan khusus yang memungkinkan mereka untuk menerima pembayaran secara langsung, dengan biaya berlangganan di Apple. Facebook meluncurkan layanan berlangganan ini tahun lalu.

Perusahaan mengumumkan serangkaian pembaruan untuk produk Grupnya selama KTT Komunitas yang disiarkan langsung. Menurut mereka fitur subgrup, yang bisa gratis atau berbayar, akan memungkinkan anggota untuk memisahkan diri dalam grup untuk fokus pada wilayah atau topik tertentu.

Grup Facebook telah berada di bawah pengawasan dari anggota parlemen AS dan peneliti yang berpendapat bahwa mereka menyediakan ruang tertutup dalam misinformasi kesehatan, retorika kekerasan dan ekstremisme yang berkembang biak tanpa diawasi dengan benar.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan Facebook juga sedang menguji penggalangan dana komunitas dengan Grup tertentu. Bagi Grup yang dibuat dalam 30 hari terakhir, melanggar aturan kontennya atau sering membagikan konten berbahaya atau informasi yang salah, tidak memenuhi syarat untuk melakukan hal itu.

Facebook mengatakan administrator Grup akan mendapatkan alat untuk menyesuaikan tampilan grup mereka dan anggota akan segera dapat memberikan "penghargaan komunitas" untuk posting yang berharga.

Perusahaan juga memberikan bocoran pengalaman baru yang menggabungkan "Grup dan Halaman terbaik di satu tempat," dan mengatakan akan memungkinkan administrator Halaman untuk menggunakan alat moderasi yang sama dengan Grup. Menurut mereka fitur ini masih dalam pengujian awal hingga tahun depan.