Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen (VW) mengumumkan menangguhkan produksi dari lini kendaraan listrik (EV), ID.4 di pabrik Chattanooga, Amerika Serikat (AS).

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka mencari perbaikan terhadap mekanisme pembukaan pintu elektronik yang salah sehingga menyebabkan pintu terbuka secara tidak terduga.

Melansir dari InsideEVs, Senin, 23 September, masalah tersebut juga memicu penarikan kembali yang melibatkan hampir 100.000 unit ID.4 spesifikasi pasar negeri Paman Sam dan telah mengeluarkan perintah untuk penghentian penjualan.

Selain itu, peristiwa ini juga membuat sekitar 200 karyawan dirumahkan dan proses produksi dapat dihentikan hingga awal tahun.

Juru bicara VW Michael W. Lowder, mengatakan pihaknya akan menghentikan produksi sementara ID.4 sampai solusi pada masalah ini dihentikan.

“Setelah peninjauan ekstensif, sebagai respons terhadap penghentian penjualan ID.4, kami akan menghentikan sementara produksi kendaraan di pabrik Volkswagen Chattanooga sampai solusi tersedia,” kata Lowder.

Sementara itu, peristiwa tersebut memicu terjadinya recall sebanyak 98.806 unit yang dilengkapi dengan pegangan pintu elektronik yang tidak memberikan perlindungan air yang memadai.

Jika tidak diberi perlindungan, kelembapan dapat masuk ke papan sirkuit yang berpotensi memicu perintah ‘open’ saat mengemudi. Model yang terlibat merupakan produksi 2021 hingga 2024 dan keempat pegangan pintu perlu diganti.

Produsen mobil asal Jerman ini juga mengatakan akan memeriksa setiap pegangan pintu dan menggantinya dengan varian yang lebih baik jika diperlukan. Selain itu, VW juga akan memperbarui perangkat lunak untuk memperbaikinya.

Ini menambah daftar masalah yang terjadi pada hatchback tersebut di AS. Sebelumnya, pabrikan melakukan permintaan recall yang melibatkan sekitar 51.500 unit pada Mei lalu.

Dimulainya program penarikan kembali ini disebabkan oleh masalah serupa, yakni kekhawatiran pintu kendaraan terbuka saat mengemudi. Lembaga tersebut menyebutkan bahwa mereka telah menerima setidaknya 12 keluhan terkait model ID.4 produksi antara 2021 dan 2023.

Beberapa pemilik kendaraan melaporkan bahwa pintu kendaraan terbuka sewaktu-waktu saat mengemudi tanpa dapat dideteksi secara wajar. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa maupun cedera, tentu ini bisa membahayakan nyawa pemilik mobil maupun pengguna jalan lain.

Menurut NHTSA, kendaraan yang terdampak recall ini juga merupakan bagian dari penarikan sebelumnya yang disebabkan dari rembesan air dari pintu.