JAKARTA - Subaru catatkan hasil penjualan yang impresif di Amerika Serikat (AS) sebanyak 63.053 unit pada Agustus lalu atau alami kenaikan hingga 11,8 persen dibandingkan tahun lalu pada bulan yang sama.
Selain itu, pabrikan berlogo ‘enam bintang’ ini juga melaporkan penjualan selama delapan bulan di tahun ini sebesar 437.198 unit atau naik 6,4 persen dibandingkan tahun lalu.
President and COO Subaru of America Jeff Walters, mengatakan pertumbuhan di bulan Agustus ini dihasilkan karena dedikasi dari para mitra serta para pelanggan yang telah mempercayai produknya.
“Dedikasi mereka untuk menjadi mitra terpercaya dalam perjalanan kendaraan tetap menjadi bagian penting dalam menjaga kepuasan pelanggan kami,” kata Walters dalam laman resmi Subaru, Selasa, 10 September.
Selama bulan Agustus 2024, model Crosstrek berhasil menjadi yang terlaris dengan jumlah 20.396 unit atau naik 46,5 persen. Sementara dalam delapan bulan tahun ini, crossover tersebut berhasil terjual hingga 115.214 unit (naik 13,8 persen).
Kemudian, model terlaris berikutnya ialah Outback dengan jumlah 16.435 unit pada periode bulan lalu atau naik 13,3 persen. Selama tahun 2024, SUV bergaya wagon ini terjual hingga 112.342 unit atau naik 3,7 persen.
BACA JUGA:
Model terlaris ketiga pada Agustus lalu ialah Forester dengan jumlah 13.456 unit atau turun 12 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Sementara itu, SUV ini berhasil menjadi yang terlaris selama tahun 2024 dengan bukukan 116.987 unit (naik 28,4 persen).
Di tempat keempat, ada model Ascent dengan jumlah 4.630 unit pada Agustus 2024 atau turun 4,7 persen dan 36.805 unit selama delapan bulan di tahun 2024 (turun 12,9 persen).
Melengkapi posisi kelima, Impreza berhasil menjadi model terlaris lainnya dengan 3.166 unit (naik 43,6 persen) dan selama delapan bulan mencapai 20.636 unit (turun 15,1 persen).
Untuk segmen mobil performa tinggi, WRX menjadi yang teratas dengan jumlah 1.552 unit (turun 7,5 persen) selama Agustus 2024 dan 12.216 unit (turun 35,5 persen) selama Januari ke Agustus tahun ini.
Sementara itu, BRZ berkontribusi dengan jumlah 347 unit pada bulan lalu (naik 29,5 persen) dan 2.032 unit (turun 34,3 persen) selama Januari ke Agustus 2024.
Solterra menjadi tulang punggung Subaru dalam segmen kendaraan listrik (EV) murni dengan berhasil terjual sebesar 1.417 unit pada Agustus lalu (naik 54,9 persen) dan 8.603 unit (naik 73,6 persen) selama delapan bulan di 2024.