Bagikan:

JAKARTA - Mobil Suzuki S-Presso telah diperkenalkan secara global pada tahun 2019 lalu dan memiliki kisah kurang baik salah satunya dalam bidang keselamatan.

Hatchback bertubuh mini sempat menjadi sorotan karena ketika melakukan pengujian keselamatan dari Global New Car Assessment Program (Global NCAP) pada November 2020 lalu dengan memperoleh predikat nol bintang.

Pabrikan berlogo ‘S’ ini tidak berdiam diri dan mengembangkan mobil tersebut dari sisi keselamatan dengan peroleh tiga bintang. 

Kini, mobil tersebut kembali hadir menjadi lebih aman bagi para penggunanya.

Melansir dari Top Gear Philippines, Rabu, 28 Agustus, Suzuki telah memperbarui model tersebut dengan menambahkan perangkat keselamatan yang berpotensi menyelamatkan nyawa baik pengguna kendaraan maupun pengguna jalan lain.

Mobil tersebut kini memiliki perangkat keselamatan aktif yang berbeda berkat penambahan Electronic Stability Program+. Penambahan sistem ini menjadi lebih umum pada mobil dengan harga terjangkau, seperti S-Presso.

Electronic Stability Program+ mencegah kendaraan tergelincir dan memastikannya tetap berada dalam jalur seharusnya. Sistem ini menghubungkan Anti-lock Braking System (ABS), Traction Control System (TCS), dan Stability Control (SC) dengan memanfaatkan rangkaian sensor untuk mengukur pergerakan kendaraan.

Data ini kemudian diproses oleh unit kontrol elektronik untuk menghitung dan menyesuaikan lintasan kendaraan, sehingga meningkatkan stabilitas dan pengendalian.

Meskipun demikian, merek dari Jepang ini tidak menambahkan sistem Advanced Driver Assist Systems (ADAS) pada S-Presso demi menekan harga agar banderolnya tidak melambung tinggi.

Pembaruan pada S-Presso tersebut kini hanya tersedia untuk pasar India saja serta tidak menaikkan harga pada model tersebut. Salah satu pasar yang potensial yang akan menghadirkan pembaruan ini adalah Indonesia.

Suzuki S-Presso telah diperkenalkan di Indonesia pada 2022 lalu sebagai model dengan harga terjangkau yang dijual oleh Suzuki di tanah air. Kini, mobil tersebut dibanderol mulai dari Rp169,1 juta untuk varian MT dan Rp179,1 juta untuk AGS. Semua harga termasuk On The Road DKI Jakarta.