Bagikan:

JAKARTA - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor Mazda di tanah air mengungkapkan bahwa pembangunan pabriknya sudah dimulai, di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkap Managing Director Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio, di mana menurutnya saat ini pabrik tersebut sudah dibangun, seperti jalan, dan tembok.

"Kami sudah bangun dan sekarang lagi bangun jalan dan tembok," katanya, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Sayangnya ia tak menjabarkan lebih detail terkait lokasi pabrik dan model apa saja yang akan dibuat di pabrik tersebut, tapi ia memastikan pabrik tersebut sudah memiliki kemajuan yang positif.

"Nanti kalau sudah progres dan sudah bonafit pasti akan kita undang teman media untuk melihat," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan pabrik tersebut juga akan menjadi salah satu pusat manufaktur mobil Mazda, dan tak menjabarkan lebih lanjut termasuk rencana ekspor mobil tersebut.

"Pertama itu kebutuhan domestik, rapi, baru ekspor. Tapi saya tidak bisa ngomong dahulu ekspornya kapan," tambahnya.

Seperti diketahui pusat perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman Mazda Motor Corporation yang cermat dan strategis terhadap besarnya potensi di tanah air.

Sebelumnya, pada awal Maret 2024 lalu Mazda mengumumkan  langkah signifikan dengan mendirikan Pusat Perakitan di Indonesia, yang menandakan era baru dalam kemitraan antara Mazda Motor Corporation (MC) dan PT EMI.

PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak diminati oleh konsumen Indonesia.

Dukungan investasi dari PT EMI yang diperkirakan mencapai sekitar Rp400 miliar untuk persiapan proyek secara keseluruhan juga menunjukkan tekad perusahaan untuk menjadi perpanjangan tangan yang andal bagi MC, terutama dalam upaya PT EMI untuk menjadi pemain kunci dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.