Bagikan:

JAKARTA - Jaguar Land Rover mengumumkan akan merakit Sports Utility Vehicle (SUV) andalan yaitu Range Rover dan Range Rover Sport, secara lokal di India yang nantinya akan menurunkan harga mobil tersebut.

Mengutip dari laman Autocar India, Senin, 27 Mei, India merupakan negara di luar Inggris yang memproduksi kedua SUV tersebut secara lokal, dan akan bergabung dengan jajaran model lainnya seperti Velar, Evoque, Jaguar F-Pace dan Discovery Sport yang sudah diproduksi di fasilitas JLR di Pune.

Selain penurunan harga seperti yang disebutkan di atas, perakitan lokal mobil satu ini juga akan mengurangi waktu tunggu SUV ini yang sebelumnya masih diimpor utuh. Tentunya menjadi hal yang menarik bagi yang berencana untuk meminang mobil satu ini.

Sayangnya, pihak pabrikan belum merinci daftar harga mobil satu ini yang akan dirakit secara lokal, namun dipastikan merupakan varian 3.0 l diesel HSE Long wheelbase (LWB), dan 3.0 bensin.

Sementara itu, untuk varian short wheelbase (SWB) akan tetap diimpor sepenuhnya, begitu pula varian bermesin V8 4,4 liter. Artinya, tidak semua varian dirakit secara lokal.

Range Rover rakitan lokal akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin, pertama mesin bensin enam silinder 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 392hp dan 550Nm, dan diesel enam silinder 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 345hp dan 700Nm.

"India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil dan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan diharapkan melanjutkan lintasan ini dalam waktu dekat," kata Chief Commercial Officer JLR Lennard Hoornik, dikutip dari laman Carscroops.

Lebih lanjut ia menekankan, meski dirakit di India desain Inggris yang patut dicontoh tetap khas dan akan terus mendefinisikan keanggunan estetika dan kecanggihan teknologi yang identik dengan merek Range Rover.