Bagikan:

JAKARTA - Kia telah meluncurkan model terbaru EV3 baru, sebuah Sports Utility Vehicle (SUV) yang dilengkapi dengan sederet hal menarik.

Dengan memanfaatkan teknologi canggih Kia dan nilai-nilai yang berfokus pada pelanggan, mobil satu ini menghadirkan pengalaman unik dan mendalam pada sektor SUV EV kompak.

"Dengan menghadirkan desain inovatif, drivetrain listrik terdepan di industri, serta solusi gaya hidup yang praktis dan inovatif, EV3 bertujuan untuk memperluas pengalaman SUV EV Kia yang luar biasa ke khalayak yang lebih luas," kata Presiden dan CEO Kia Ho Sung Song.

Terdapat lima hal menarik dari mobil listrik yang dibanderol 35.000 dolar AS atau setara Rp562 juta ini. Lantas apa saja? Yuk simak di bawah ini seperti dikutip dari laman resmi Kia Global.

Desain

4

Hal menarik pertama dari sisi desain, mobil satu ini hadir dengan Filosofi desain Kia 'Opposites United', yang memanfaatkan ketegangan kreatif yang dihasilkan oleh perbedaan nilai alam dan modernitas untuk menghadirkan keseluruhan yang harmonis, merupakan inti dari pembentukan desain Kia EV3 yang progresif, dinamis, dan dramatis.

"Meskipun kompak, eksteriornya yang inspiratif menyelimuti ruang interior terbuka yang menekankan relaksasi restoratif untuk setiap perjalanan. Estetikanya yang menghadap ke masa depan semakin diperkuat dengan pilihan warna yang berani," ungkap Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Desain Global Kia Karim Habib.

Estetika interior

3

Selain desain eksterior, kabin mobil satu ini juga menarik perhatian. Desain interior EV3 menawarkan kabin lapang yang nyaman menampung lima orang. Kia telah menciptakan kabin yang sangat fungsional dan efektif yang memancarkan suasana ruang hidup yang menarik, dirancang untuk dinikmati oleh penumpang di setiap perjalanan dan saat kendaraan sedang mengisi daya. Dengan kapasitas bagasi 25 liter dan kapasitas muatan belakang 460 liter, EV3 menawarkan ruang bagasi terluas di kelasnya.

Terdapat juga layar lebar 30 inci, dimana sudah termasuk dalam cluster 12,3 inci, panel AC lima inci, dan layar AVN 12,3 inci. Layar tersebut menggabungkan pengoperasian sentuh yang mulus pada fungsi pengatur suhu dan memberikan grafik yang jelas serta informasi intuitif untuk pengguna.

Implementasikan bahan daur ulang

Kia EV3 menggabungkan berbagai item ramah lingkungan untuk mempercepat keberlanjutan dalam skala besar. Kain daur ulang diaplikasikan pada dashboard dan trim pintu untuk menciptakan suasana intim dan seperti di rumah. Polyethylene terephthalate (PET), yang merupakan salah satu plastik yang paling mudah didaur ulang di dunia, terdapat di berbagai area interior, termasuk kursi, headliner, sandaran tangan pintu, hiasan, alas lantai.

Jangkauan luar biasa

Hal menarik lainya dari mobil satu ini yaitu kapasitas baterai dan jarak tempuhnya. Kia EV3 dilengkapi dengan power train listrik penggerak roda depan yang canggih berdasarkan Electric Global Modular Platform (E-GMP), memanfaatkan teknologi baterai generasi keempat Kia. Model EV3 Standard ditawarkan secara eksklusif dengan baterai 58,3kWh, sedangkan varian EV3 Long Range dibekali baterai 81,4kWh.

Kedua model menggunakan motor listrik 283Nm, yang memungkinkan waktu akselerasi terbaik 0-100km/jam dalam 7,5 detik. Kecepatan maksimum EV3 adalah 170km/jam. Sementara itu, untuk jarak tempuh varian Long Range mencapai 600 km.

Kaya akan teknologi

Kia telah melengkapi EV3 dengan serangkaian fitur keselamatan, berkendara, kenyamanan, dan pengisian daya ultra-canggih yang biasanya disediakan untuk sektor SUV EV besar. Seperti halnya Teknologi Advanced Driving Assistance Systems (ADAS) kendaraan mencakup eDTVC Electric Dynamic Torque Vectoring Control untuk memastikan EV3 mentransfer tenaganya ke jalan dengan lancar dan stabil. Selain itu, juga dilengkapi dengan Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist and Reverse Parking Collision Avoidance Assist.