JAKARTA- Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar pada tahun ini lebih tepatnya pada Oktober 2024 di ICE BSD, dalam hal ini penyelenggara terus mematangkan persiapan untuk menghadirkan keseruan baru.
Dalam rangka menuju pelaksanaan IDE11, penyelenggara pun akan melaksanakan beberapa aktivitas ‘Road To IDE11’ di antaranya mengadakan Halalbihalal dengan komunitas, turut serta dalam event diecast di luar negeri yaitu Malaysia Diecast Expo (MDX) 2024, mendukung kegiatan launching dan promosi beberapa brand diecast, berpartisipasi pada aktivitas komunitas diecast dan otomotif.
Melalui rangkaian kegiatan Halalbihalal dalam rangka Road To IDE 11 akan hadir penggiat dari industri diecast dan industri otomotif. Hal ini terinspirasi dari kesuksesan penyelenggaraan pada tahun 2023 lalu, yang menjadi sebuah bukti nyata bahwa antara industri mainan miniatur ini memiliki korelasi yang kuat dengan industri otomotif. Hal ini pula yang ingin disampaikan oleh penyelenggara untuk menguatkan hubungan di antara kedua industri tersebut.
Ketua penyelenggara Indonesia Diecast Expo 2024 Arya Lembana mengungkapkan, pada gelaran ke-11 kali ini semakin banyak brand-brand diecast yang akan bergabung, sehingga lebih menarik banyak pelaku pasar, kolektor serta komunitas mainan miniatur di Indonesia.
“Bagi banyak orang, diecast lebih dari sekadar mainan, mereka adalah representasi dari passion dan kecintaan terhadap mobil. Fakta menariknya, banyak penggemar diecast juga merupakan penggemar otomotif. Hal ini tidak mengherankan, mengingat diecast menawarkan kesempatan unik untuk mempelajari detail mobil, sejarah desainnya, dan bahkan teknologi mesinnya. Di balik miniatur mungil ini, tersembunyi pula dunia otomotif yang luas dan penuh cerita,” katanya, dalam acara halal bihalal bersama media, di Jakarta, Kamis, 25 April.
BACA JUGA:
Dalam jumpa pers pada Halalbihalal Indonesia Diecast Expo yang dilakukan di Jakarta, Indonesia Diecast Expo juga turut menghadirkan dua sosok kolektor diecast yang juga memiliki peran penting dalam industri otomotif.
Kedua guest tersebut adalah Aryo Soerjo yang kini menjabat sebagai Marketing and Development Division Head KIA Indonesia, dan Arie Christopher sebagai CEO Subaru Indonesia.
“Dengan adanya dua tokoh ini Indonesia Diecast Expo berharap pecinta otomotif dapat lebih banyak lagi menjadi penggemar diecast,” tambah Arya.
Selain itu, dalam kesempatan tersebut penyelenggara juga mengingatkan kembali bahwa, para penggemar dan pengoleksi diecast ini sudah bisa menantikan gelaran ke-11 ini melalui euforia yang akan dihadirkan di setiap momennya.
Untuk memberikan esensi baru dalam gelaran tersebut, pada tahun ini Indonesia Diecast Expo turut menggandeng Tarmac Work Indonesia, produsen mainan di mana melalui kerjasama tersebut diharapkan menjadi sebuah kolaborasi yang dapat menambah khazanah dunia mainan miniatur di tanah air. Sebagai tambahan informasi, bagi yang berencana untuk mengunjungi acara tersebut harus merogoh kocek Rp60 ribu.
“Selaku pemain diecast mini scale, Tarmac juga mengeluarkan kartu atau trading card yang dikenal Tarmac Card, yang juga sudah ditunggu oleh penggemar koleksi atau kolektor kartu di Indonesia. Dan event kali ini juga di support oleh KEPOPIC, yaitu salah satu brand diecast figure untuk skala banding 64,” pungkas Arya.