Dampak Buruk Bensin Campur Air untuk Kendaraan, Bisa Bikin Tangki Berkarat
Pengecekan motor setelah terdampak bensin campur air/Sumber Foto: Twitter @Nadddd

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan bensin yang tercampur air di salah satu SPBU di kawasan Bekasi, Jawa Barat, membuat kendaraan menjadi mogok.

Dari narasi video yang beredar terlihat puluhan sepeda motor mogok dan sejumlah pengguna memprotes ke salah satu SPBU tersebut, diketahui hal tersebut terjadi setelah mengisi bensin dengan jenis Pertalite.

Ternyata masalah di atas bisa menimbulkan dampak buruk pada kendaraan, hal tersebut diungkapkan oleh Asst General Manager Marketing Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro.

"Dampaknya ada karena air itu tidak bisa menyatu dengan bensin yang dapat membuat tangki berkarat," katanya, kepada awak media saat buka puasa bersama, 27 Maret.

Pria yang akrab disapa Antonius ini menjelaskan sedikit alur masalahnya, dimana sebelum BBM masuk ke bagian injektor motor itu ada filter, dan ketika terlalu lama terkontaminasi kotor itu bisa berkarat.

"Ketika sudah berkarat itu bisa memengaruhi proses pembakaran motor itu," paparnya.

Lebih lanjut ia menyarankan agar injektor motor segera dibersihkan, agar tidak terjadi masalah lain dan Yamaha bisa melakukan hal itu dan ada alatnya.

"Kita tak bisa mengetahui kondisi bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki, tetapi misalnya ada pengurangan performa tentunya harus dibersihkan," tutupnya.