4 Bahaya Isi Bensin saat Mesin Menyala
Ilustrasi kebakaran SPBU (Antara/Aditya Rohman)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemilik kendaraan harus tahu bahaya isi bensin saat mesin menyala. Pasalnya masih ada juga pengendara kendaraan baik sepeda motor maupun mobil yang enggan untuk mematikan kendaraan saat mengisi BBM di pom bensin.

Secara umum bahaya mengisi bensin dengan kondisi mesin hidup bisa berdampak pada kerusakan mesin. Tak sampai situ, risiko paling besar saat melakukan hal tersebut adalah keselamatan nyawa.

Bahaya Isi Bensin saat Mesin Menyala

Saat melakukan pengisian BBM di pom bensin biasanya petugas akan meminta pengendara untuk mematikan mesin kendaraan. Bahkan imbauan tersebut tertulis di area SPBU sehingga harus dipatuhi. Ada beberapa risiko yang harus ditanggung jika pengendara ngotot tak ingin mematikan mesin saat isi BBM yakni sebagai berikut.

  1. Memicu Kerusakan

Mengisi BBM dalam kondisi mesin nyala ternyata memicu kerusakan, misalnya pada injeksi pompa bensin. Komponen tersebut akan lebih cepat rusak karena ada potensi masuknya angin ke dalam tangki. Seperti diketahui, saat kendaraan aktif injeksi pompa akan menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Sedangkan saat mengisi BBM ada potensi angin masuk ke dalam tangki. Hal ini yang bisa memicu kerusakan.

Meski demikian tidak semua kendaraan akan terkena dampak kerusakan tersebut. Misalnya pada kendaraan bermesin diesel seperti truk atau bus.

  1. Memicu Kebakaran

Saat menyalakan mesin kendaraan sembari mengisi BBM ada potensi kebakaran yang cukup besar hingga mengancam keselamatan banyak orang.

Seperti diketahui, saat mengisi BBM akan muncul uap yang mudah terbakar. Percikan api bisa muncul saat uap tersebut terbawa angin hingga ke komponen yang dapat memantikkan api seperti busi.

Uap BBM juga dapat memicu api saat mengarah ke sumber panas seperti kenalpot atau area mesin lainnya.

  1. Menghindari Kecerobohan Pengendara

Salah satu risiko yang bisa terjadi saat mengisi bahan bakar dengan kondisi menyala adalah kendaraan bisa melaju, baik disengaja atau faktor kecerobohan. Saat itu terjadi, selang pom bensin bisa tertarik hingga merusak mesin pom itu sendiri. Oleh karena itu akan lebih aman jika mematikan kendaraan ketika isi bensin.

  1. Menghindari Penutupan Tutup Tangki Kurang Rapat

Setelah proses pengisian BBM biasanya petugas tidak akan langsung menutup tutup tangki melainkan akan menempatkan dispenser dan selang bensin ke tempatnya baru kemudian melakukan penutupan tutup tangki. Membiarkan mesin mobil menyala menghindari misskomunikasi antara petugas dan pengendara.

Pengendara bisa langsung mengemudikan mobil padahal petugas belum benar-benar menutup tutup tangki. Kemungkinan tersebut tentu membahayakan petugas pom. Selain itu pemasangan tutup tangki yang kurang rapat akan membuat lampu indikator pemeriksa mesin akan menyala karena mendeteksi adanya kebocoran.

Itulah informasi terkait bahaya isi bensin saat mesin menyala. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.