Lampu Indikator Bensin Menyala, Masih Sisa Berapa Liter di Tangki?
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkan mengalami lampu indikator bensin mobil menyala ketika sedang mengemudi? Penanda tersebut memperingatkan bahwa bensin sudah mendekati habis, namun belum benar-benar kosong di tangki. Lantas saat lampu indikator tersebut menyala berapa liter bensin yang masih tersisa?

Terkadang pengendara mobil masal berhenti di pom untuk mengisi bensin meski  volume bahan bakar sudah kurang dari setengah. Apabila kondisi ini diabaikan maka lampu indikator bensin akan menyala. Fungsi dari indikator tersebut adalah untuk menginformasikan bahwa mobil harus segera diisi bahan bakar kembali. 

Meski mobil masih bisa dikendarai, namun pengemudi perlu segera mengisi bensin agar mobil tidak mati atau berhenti di tengah jalan. Lantas berapa sisa bensin ketika lampu indikator menyala?

Kapan Indikator Bensin Menyala?

Mobil yang kekurangan bahan bakar atau bensinnya mendekati habis maka jarum indikator di dashboard akan berada di tanda huruf E (Empty). Lampu indikator bensin akan menyala ketika bahan bakar tersisa sekitar 10-15% di tangki. 

Meski jarum indikator sudah menunjukkan huruf E atau lampu peringatan menyala, mobil masih bisa melaju. Pada setiap kendaraan umumnya terdapat reservoir (RES) yang bisa menampung cadangan bahan bakar di tangki. Jadi pengemudi masih memiliki kesempatan untuk mencari tempat pengisian bensin dan mengisi ulang bahan bakarnya. 

Bensin Sisa Berapa Liter ketika Lampu Indikator Menyala?

Secara umum atau rata-rata mobil memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 40 sampai 45 liter. Saat bensin tersisa sekitar 10-15 persen atau kurang dari itu maka secara otomatis lampu indikator akan menyala. 

Saat lampu indikator bahan bakar menyala, sisa bensin di tangki yakni 5 liter atau kurang dari 10 liter. Dengan sisa bensin tersebut, mobil masih bisa melaju kurang lebih 30-60 km. Namun hal ini juga bergantung pada kapasitas tangki masing-masing mobil dan beban yang diangkut oleh kendaraan. 

Selain itu, jarak tempuh yang bisa dijangkau saat bensin hampir habis juga dipengaruhi oleh kondisi jalan yang dilewati. Apabila jalannya macet atau banyak lampu lalu lintas, maka jarak tempuh akan semakin pendek. 

Namun dalam beberapa kondisi fitur lampu indikator bahan bakar tidak berfungsi 100% akurat. Sebab perhitungan ini tidak didasarkan dari kebiasaan konsumsi bensin oleh pengemudi mobil yang berbeda-beda.

Fitur lampu indikator bahan bakar sangat membantu pengemudi mengingat ketersediaan bahan bakar mobilnya. Dengan adanya Res atau cadangan bensin di dalam tangki, pengemudi punya kesempatan untuk mencari SPBU terdekat. 

Dampak Buruk Bensin Mobil Habis

Demi performa mobil tetap terjaga, hindari kehabisan bensin atau tangki mobil dalam kondisi kosong. Pemakaian mobil dengan lampu indikator bensin menyala terlalu sering bakal berdampak buruk pada mesin. 

Saat lampu indikator bahan bakar menyala, pompa bensin akan bekerja ekstra untuk mengalirkan BBM ke mesin. Jadi pompa bensin akan bekerja lebih keras dari normalnya. Dengan bahan bakar yang tidak memadai maka mesin mudah panas dan lama-kelamaan bisa mengalami kerusakan. 

Demikianlah ulasan mengenai berapa sisa bahan bakar ketika lampu indikator bensin menyala. Meski mobil masih bisa melaju dan tangki belum sepenuhnya kosong, sebaiknya hindari keadaan tersebut. Tangki bensin yang kosong atau kurang dari setengah bisa menyebabkan kerusakan pada mobil.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.