Kehabisan Bensin di Jalan Tol? Lakukan Ini untuk Mendapatkan BBM
Ilustrasi jalan tol (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jalan tol memudahkan perjalanan jauh dengan lancar dan nyaman, namun persiapannya lebih banyak. Selain kecukupan saldo e-toll, pastikan bahan bakar mencukupi karena jarak antar SPBU terkadang cukup jauh. Isi BBM sebelum pintu tol agar tidak kehabisan bensin di jalan tol. Namun apabila Anda mengalami situasi kehabisan bensin di jalan tol, lakukan tips berikut ini untuk mengatasinya. 

Menggunakan BBM Mobile dari Pertamina

PT Pertamina menyediakan layanan BBM Mobile atau motoris untuk membantu kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan. Motoris akan bekerja dengan jemput bola saat ada kendaraan yang kehabisan bensin. 

Adanya layanan motoris Pertamina ini sangat membantu pengendara yang mengalami masalah kehabisan bensin di jalan tol. Layanan ini tentunya sangat dibutuhkan saat mudik lebaran. Pertamina akan menyediakan ratusan unit motoris selama arus mudik dan arus balik. Layanan ini akan dioperasikan di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. 

Apabila Anda kehabisan bensin di jalan tol Anda bisa menghubungi layanan motoris untuk mendapatkan suplai BBM. Hubungi call center 135 dan share lokasi Anda berhenti. Anda tinggal menunggu maka motoris akan mengirim bahan bakar sesuai permintaan Anda. 

Personel BBM Mobile akan standby selama 24 jam di SPBU rest area. Layanan ini juga menyediakan delivery service untuk seluruh jenis BBM. Personel motoris akan bekerja menggunakan kendaraan yang dilengkapi dengan pengangkut jeriken hingga kapasitas 60 liter. 

Meminta bantuan warga sekitar lokasi

Cukup beruntung apabila Anda kehabisan bensin di lokasi yang dekat dengan perkampungan warga. Biasanya ada titik-titik tol yang dekat dengan jalan umum, persawahan, maupun pemukiman. 

Anda bisa meninggalkan kendaran Anda sejenak, untuk mencari warga yang bisa ditemui di dekat pembatas jalur tol. Jangan lupa kunci kendaraan saat ditinggalkan supaya barang bawaan Anda aman. Minta kepada orang yang ditemui untuk membelikan bensin. Beri upah atas jasa yang telah diberikan oleh orang tersebut. 

Mengisi di Rest Area

Tips selanjutnya untuk mengatasi kehabisan bensin di jalan tol adalah dengan mengisi BBM di rest area. Saat bahan bakar mobil mendekati habis, ada tanda yang bisa dilihat oleh pengendara. Apabila lampu indikator bensin menyala atau sudah di posisi E, maka bensin tinggal 3-5 liter. 

Jadi jika mobil Anda menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera cari SPBU terdekat untuk mengisi bensin. Semua rest area telah dilengkapi dengan SPBU, termasuk rest area tipe B. Pihak Pertamina menyediakan Pertashop di rest area yang tidak terdapat SPBU. 

Demikianlah tips yang harus dilakukan saat kehabisan bensin di jalan tol. Meski ada sejumlah cara untuk mengatasinya, lebih baik Anda menyiapkan bahan bakar yang mencukupi dari rumah supaya tidak kehabisan bensin saat di jalan tol. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.