Kehabisan BBM Saat Mudik? Pertamina Siapkan 402 Motoris
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati . (foto: instagram @nicke_widyawati)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan 402 armada motoris untuk mengantarkan BBM bagi pemudik yang kehabisan BBM saat dalam perjalanan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bagi pemudik yang kehabisan BBM bisa menghubungi call center Pertamina 135 dan motoris yang disiapkan akan mengantar BBM Kantong termasuk bagi pemudik yang terjebak di tengah kemacetan.

"Bagaimana jika terjadi kemacetan? Call 135 untuk minta dikirim BBM kantong, motoris akan bergerak even di jalan tol diperbolehkan untuk contraflow," ujar Nicke dalam RDP denagn Komisi VI yang dikutip Kamis 20 April.

Ia menambahkan jika tahun ini pihaknya menambah armada motoris dari tahun lalu yang disiagakan sebesar 220 motoris.

Nicke bilang, pihaknya juga sudah mengantongi izin aparat untuk memasuki jalan tol demi mengantar BBM kantong yang dipesan melalui 135.

"Jadi motoris kami sudah diizinkan untuk menembus jalan tol, bahkan contraflow dan dikawal," kata dia.

Nicke menjelaskan jika motoris yang disiapkan oleh Pertamina berasal dari ojek lokal yang sudah diberi pelatihan.

"Dan ini sudah tahun ketiga Pertamina menggunakan motoris untuk mengantar BBM," kata dia.

Ia merinci dari 402 motoris yang disiagakan, sebagian besar dipersiapkan untuk pengguna jalan tol agar tidak menyebabkan kemacetan.

"Kami siagakan yang sebagian besar utuk tol. Karena tol panjang dan kemacetan terjadi jangan sampai mogok di jalan. Kebanyakan untuk jalan tol, boleh contraflow dan dikawal polisi," kata dia.

Selain menyediakan motoris, Pertamina juga menyiapkan 7400 SPBU dan 1.505 di antaranya beroperasi selama 24 jam dan tersebar di jalur potensial seperti jalur tol, jalur wisata , jalur logistik.

Pertamina juga menyiapkan 44 Kios Pertamina Siaga untuk memecah antrean di SPBU yang disediakan Pertamina.

"Ada 201 unit mobile tangki standby atau moile dispenser yang ada di titik yang kami perkirakan meingkat," pungkas Nicke.