Bagikan:

JAKARTA - Maruti Suzuki mengumumkan penarikan kembali atau recall lebih dari 16.000 ribu unit model hatchback populer, yakni Wagon R dan Baleno untuk pasar lokal (India). 

Mengutip dari Times of India, Selasa, 26 Maret, lebih detailnya sebanyak 11.851 untit Baleno dan 4.190 unit Wagon R terkena dampak penarikan kembali tersebut. 

Penarikan kembali menurut pabrikan karena ada potensi masalah pada komponen motor pompa bahan bakar yang dapat menyebabkan mesin mati atau kendaraan tidak mau menyala. 

Penarikan kembali ini berdampak pada unit Baleno dan Wagon R yang diproduksi antara 30 Juli 2019 hingga 1 November 2019. Pabrikan telah meyakinkan pemilik bahwa pihaknya akan secara proaktif menghubungi pelanggan untuk menjadwalkan pemeriksaan gratis dan penggantian suku cadang yang rusak.

Maruti Suzuki belum mengumumkan metode khusus untuk memberi tahu pemilik selain kontak langsung. Tapi ada cara untuk memeriksa apakah nomor sasis kendaraan termasuk dalam kisaran yang terpengaruh dengan memasukkan nomor sasis kendaraan halaman web kampanye servis. Situs web akan menampilkan pesan yang menunjukkan apakah mobil termasuk dalam penarikan.

Seperti diketahui, Wagon R dan Baleno adalah dua kendaraan penumpang terlaris di India. Faktanya, pada bulan Februari 2024, MSIL menjual 19,412 unit Wagon R, mencatat pertumbuhan YoY atau dari tahun ke tahun yang mengesankan sebesar 15 persen dibandingkan 16,889 unit yang terjual pada bulan yang sama tahun lalu. 

Demikian pula, Baleno terjual sebanyak 17.517 unit, menjadikannya mobil terlaris ketiga di India pada bulan tersebut sementara WagonR dengan nyaman menduduki puncak permintaan. 

Sebelumnya, Maruti Suzuki juga telah mengumumkan penarikan kembali 87.000 unit S-Presso dan Eeco van.