Bagikan:

JAKARTA - Sejak dimiliki Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) sejak 2007 lalu, MG Motor berevolusi sebagai salah satu produsen otomotif yang berani melakukan gebrakan di pasar otomotif internasional.

Salah satu pasar yang kini dijajaki adalah India. MG telah menghadirkan beragam model kendaraan listrik di pasar ini, seperti ZS EV dan Comet EV. Namun, ini tidak membuat pabrikan dari Inggris ini berhenti memperluas kendaraan ramah lingkungannya.

Dilansir dari Autocar India, Selasa, 19 Maret, produsen otomotif ini berniat menambah jajaran produknya berbasis dari E260 EV Platform, mencakup SUV lima pintu dan MPV berukuran kompak.

Dikabarkan bahwa MPV tersebut akan berbasis dari Cloud EV, salah satu kendaraan listrik milik merek yang sama-sama bernaung di bawah bendera SAIC, Wuling. Mobil ini memiliki panjang sekitar 4.300 mm dan wheelbase mencapai 2.700 mm.

Mobil ini akan hadir tidak hanya melayani keluarga, melainkan ditujukan untuk segmen armada operasional. Pasar ini didominasi oleh sejumlah kendaraan di India, salah satunya BYD E6.

MG ingin MPV dan SUV tersebut dapat menjembatani kesenjangan portofolionya dan memperluas basis pelanggannya dengan harga sekitar 1,5 juta rupee (setara Rp284 jutaan).

Berbicara soal Cloud EV, mobil ini memiliki desain yang elegan baik pada bagian eksterior maupun interior. Bagian dalamnya menawarkan ruang yang lega dengan penggunaan material berkelas pada keseluruhan kabin.

Wuling mengeklaim model tersebut memiliki jarak tempuh 460 km hingga 505 km, menjadikannya opsi yang menarik untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Mobil ini juga telah diperkenalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu. Meskipun belum diumumkan harganya, pelanggan dapat melakukan booking fee sebesar Rp10 juta untuk satu unitnya.