Mobil Lebih Bertenaga saat AC Dimatikan, Mitos atau Fakta?
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Melewati jalan menanjak menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil. Saat melalui tanjakan, mobil harus dipacu dengan tenaga lebih besar. Banyak pengemudi yang meyakini mobil lebih bertenaga saat AC dimatikan. 

Menghadapi jalan tanjakan kerap membuat pengemudi pusing karena rawan merosot jika tenaga mobil tidak kuat atau torsi lemah. Untuk bisa melintasi tanjakan tanpa kendala, ada pengemudi yang punya kebiasaan mematikan AC mobil. Metode yang satu ini cukup unik selain mengambil ancang-ancang dari jarak jauh atau berjalan zigzag. 

Mematikan AC mobil diyakini dapat memberikan tenaga ekstra, sehingga membantu dorongan ketika mobil melewati tanjakan. Lantas mitos atau fakta mobil lebih bertenaga saat AC dimatikan?

Penjelasan Mobil Lebih Bertenaga saat AC Dimatikan

Ternyata anggapan mobil lebih bertenaga saat AC dimatikan bukanlah mitos belaka. Mematikan AC memang akan mempengaruhi kemampuan mobil dalam melewati jalan menanjak. Ketika AC tidak nyala, maka power mobil dapat lebih besar atau meningkat. 

Kondisi mobil lebih bertenaga ketika AC tidak nyala disebabkan karena adanya faktor power distribution pada kendaraan roda empat. Ketika AC mobil dalam keadaan nyala maka akan ada alokasi tenaga yang diarahkan ke kompresor. 

AC mobil yang nyala akan mempengaruhi power atau keluarnya tenaga mobil. Akibat adanya power yang dialihkan untuk kompresor maka tenaga mobil terbagi menjadi dua, yaitu buat running kompresor dan untuk menjalankan mobil. 

Mobil dengan AC mati diibaratkan mempunyai tenaga yang lebih bulat atau tidak terbagi. Dengan kondisi tersebut maka mobil mampu lebih kuat dikendarai untuk melintasi jalanan menanjak tanpa harus terkendala. 

Ibaratnya mobil jadi tidak memiliki beban dan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, mematikan AC juga bermanfaat untuk mengurangi risiko overheating ketika mobil dipacu melintasi jalan menanjak atau kondisi geografis yang sulit. 

Tips Mengemudi saat Melewati Tanjakan

Selain dengan cara mematikan AC untuk membuat mobil lebih bertenaga, ada beberapa tips lainnya saat melewati tanjakan. Pengendara juga harus memiliki teknik atau skill mengemudi yang piawai. Pengemudi harus mampu mengatur akselerasi dan gigi yang tepat untuk memaksimalkan tenaga mesin.

Berikut ini beberapa tips mengemudi untuk melewati jalanan menanjak dengan lancar tanpa hambatan:

Menggunakan Rem Tangan

Penggunaan rem tangan perlu diperhatikan ketika Anda akan melalui jalan menanjak. Anda perlu memposisikan kaki kiri pada pedal kopling, kaki kanan di pedal gas, dan tangan kiri memegang rem tangan. Saat mobil berhenti, kemudian tarik rem tangan dan injak pedal kopling sembari menjaga posisi gigi 1. 

Saat akan melaju, tekan tombol pengunci pada rem tangan dan turunkan rem tangan secara perlahan. Anda perlu menginjak pedal gas dan melepas kopling secara perlahan. Pertahankan RPM berada di atas 2000. Ketika mobil berhenti lagi, rem tangan diangkat dan pedal kopling diinjak. 

Menggunakan Pedal Rem

Pedal rem juga penting diperhatikan ketika Anda ingin melintasi jalan yang menanjak. Saat mobil berhenti, Anda perlu menginjak pedal kopling menggunakan kaki kiri dan menekan pedal rem dengan kaki kanan. 

Ketika mobil berjalan, Anda perlu memindahkan kaki kanan ke pedal gas dan menginjak terus sampai menyentuh RPM sekitar 2000. Selanjutnya lepas pedal kopling setengah supaya mobil tidak berjalan mundur. 

Menginjak Pedal Rem dan Kopling Bersamaan

Tips yang satu ini hanya diterapkan pada mobil yang memiliki pedal kopling dan remnya berdekatan. Anda perlu menginjak kedua pedal, rem dan kopling, menggunakan kaki kiri saat mobil berhenti. pastikan dalam posisi gigi 1. Ketika mobil mulai melaju, Anda perlu menginjak pedal gas hingga mencapai RPM sekitar 2000. Angkat kaki kiri untuk melepas pedal kopling dan rem secara bersamaan. 

Demikianlah ulasan mengenai mitos atau fakta mobil lebih bertenaga saat AC dimatikan. AC yang nyala membutuhkan tenaga mesin, sehingga ketika dimatikan maka dapat menambah tenaga atau power mobil. Baca juga artikel perbedaan AC mobil listrik dan mobil biasa.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.