Tips Hemat BBM saat Macet agar Mudik Kamu Tidak Boros
Ilustrasi tips hemat BBM saat macet. (José Manuel de Laá/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Terjebak macet selama berjam-jam adalah hal yang biasa saat berkendara dengan mobil pribadi saat mudik Lebaran. Menghadapi situasi seperti ini, pengendara bisa merasa bosan, kehabisan ide, bahkan khawatir menghabiskan bahan bakar mobil dengan cepat.

Terdapat berbagai metode yang dapat dicoba oleh pengendara agar konsumsi bahan bakar mobilnya tidak mudah habis, salah satunya dengan mematikan mesin mobil. Para pengendara berpikir bahwa dengan mematikan mesin mobil, hal ini akan sangat membantu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Namun, apakah ini benar? Menanggapi hal ini, Technical Service Dealer PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi yang dikutip dari beberapa sumber, mengatakan bahwa perlunya mematikan mesin mobil saat terjebak macet harus diamati dari situasi yang ada.

"Tergantung dari situasi macetnya, jika macetnya panjang dan diam selama setengah jam, satu jam, atau bahkan lebih lama dan tidak bergerak, maka akan lebih hemat bahan bakar jika (mesin) dimatikan," kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Namun, Bambang juga menjelaskan bahwa ada konsekuensi yang harus diperhatikan, yaitu AC mobil yang mati sehingga dapat mengurangi kenyamanan penumpang di dalam mobil. Ia juga menyarankan bahwa jika situasi macet bersifat berkerumun atau stop and go, maka pengendara tidak perlu mematikan mesin mobil.

"Jika masih bergerak sebaiknya tidak perlu mematikan mesin, karena akan merepotkan. Hal lain jika mobilnya sudah dilengkapi dengan fitur idling start stop, itu lebih mudah karena hanya dengan menekan pedal gas maka mesin mobil akan menyala secara otomatis," tambah Bambang.

Tips Hemat BBM saat Macet

Jangan injak gas terlalu dalam

Ketika mengemudi dalam keadaan macet, sebaiknya hindari menginjak gas terlalu dalam karena hal ini dapat membuat putaran mesin lebih besar dan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Gunakan temperatur AC sesuai kebutuhan

Saat berada dalam kemacetan, sebaiknya atur temperatur AC sesuai kebutuhan. Menggunakan AC dengan temperatur yang sangat dingin dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar karena membebani mesin. Namun, mematikan AC sama sekali juga tidak dianjurkan karena dapat membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman.

Servis mobil secara teratur

Menjaga mesin mobil tetap prima melalui servis berkala dapat membantu memperpanjang umur mesin dan menjaga efisiensi bahan bakar. Meskipun servis berkala membutuhkan biaya, namun biaya tersebut jauh lebih rendah dibandingkan biaya perbaikan mesin yang rusak karena tidak pernah diservis.

Gunakan fitur hemat BBM mobil

Beberapa mobil modern memiliki fitur yang dapat membantu menghemat bahan bakar, seperti fitur eco mode, cruise control, eco indicator, dan auto start-stop. Namun, penggunaan fitur ini harus disesuaikan dengan situasi di jalan dan kondisi mobil.

Mengganti transmisi ke bentuk netral saat mobil berhenti

Mengganti transmisi ke bentuk netral saat berhenti di tempat macet dapat membantu mengurangi beban mesin dan menghemat bahan bakar. Namun, pengemudi harus selalu berhati-hati dan siap menginjak pedal rem jika ada kendaraan lain yang tiba-tiba muncul di depan mob

Jadi setelah mengetahui tips hemat bbm saat macet, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!