Bagikan:

JAKARTA- Oli kompresor AC menjadi salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan, sebab berfungsi sebagai pelumas layaknya oli mesin pada umumnya. 

Ketika oli pada komponen tersebut habis bisa menjadi masalah besar, bahkan membuat kompresor rusak. Hal tersebut diungkapkan oleh Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, Jakarta. 

"Kalau habis atau sudah tidak berfungsi maksimal membuat gesekan pada kompresor tersebut tidak mendapatkan pelumas secara baik, alhasil bisa rusak," katanya, kepada VOI.

Kondisi tersebut juga bisa membuat kinerja AC tidak optimal, alhasil sirkulasi udara di dalam kabin mobil dapat terganggu membuat pengemudi gerah. 

Perlu diketahui ada beberapa tanda oli kompresor AC hampir habis, dan direkomendasikan untuk segera diganti. Lantas apa saja? 

Seperti dikutip dari laman Daihatsu, Jumat, 13 Oktober salah satunya cirinya kompresor mudah panas yang disebabkan gesekan antara komponen menjadi besar. 

Selain itu tanda lain oli sudah hampir habis yakni munculnya suara kasar, dikarenakan adanya gesekan dan menyebabkan kompresor bisa jebol atau tak berfungsi lagi. 

Mobil menjadi kurang bertenaga ketika AC dinyalakan juga bisa menjadi tanda, karena AC membutuhkan tenaga yang tinggi untuk mempertahankan kinerja antar komponen.