Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya mesin, AC mobil juga komponen penting kendaraan yang membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi dengan baik, meski mobil sering digunakan.

Menurut Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, ada beberapa komponen penting yang harus rutin dirawat atau dibersihkan, termasuk evaporator. Komponen satu ini berfungsi untuk menyerap panas dari udara dan disalurkan ke bagian refrigerant.

"Tiga bulan sekali itu bisa rutin mencuci evaporator agar dapat menyerap panas maksimal," katanya kepada VOI, Minggu, 8 Oktober.

Selain evaporator, komponen AC lainya seperti kondensor hingga mencuci blower wajib dilakukan.

Seperti diketahui komponen satu ini juga memegang peranan penting, sebab dapat menurunkan temperatur air pendingin dan mengubah gas freon menjadi bentuk cair saat terjadi proses kondensasi.

"Mengganti filter AC kabin juga bisa dilakukan pada rentan waktu tiga bulan sekali," tambahnya.

Lebih lanjut ia merekomendasikan untuk melakukan flushing penggantian oli kompresor AC, dengan rentan waktu pemakaian mobil selama satu tahun.

Ketika tidak ada oli kinerja AC akan menurun, artinya kinerja AC akan tidak optimal dan dapat menyebabkan sirkulasi udara dalam kabin terganggu.

"Bisa mengganti oli kompresor itu pada jarak kilometer menyentuh angka 15.000 ribu," tungkasnya.

Jadi, pastikan untuk melakukan perawatan di atas agar AC dapat berfungsi dengan baik dan tak mengganggu pengemudi.