Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pemilik kendaraan roda empat disarankan untuk mengetahui apa saja tips menaruh parfum mobil agar harumnya tahan lama. Pasalnya, aroma di dalam mobil ikut menentukan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Tips Menaruh Parfum Mobil

Seperti diketahui, saat ini ada berbagai macam bentuk parfum mobil yang tersedia di pasaran mulai dari berbentuk padat hingga cair. Berikut ini beberapa tips menempatkan parfum mobil yang tepat.

  1. Hindari Menggantung Parfum Padat di Spion Tengah

Banyak pengendara yang salah kaprah dalam penempatan parfum, salah satunya adalah dengan menempatkan parfum padat di kaca spion tengah. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh pemilik kendaraan padahal penempatan ini kurang tepat.

Parfum ruangan padat sendiri memang kerap dimanfaatkan untuk mengharumkan mobil. Tidak hanya murah, aroma yang tersedia juga cukup variatif. Agar parfum lebih tahan lama dan wanginya optimal, cobalah untuk memotong parfum padat kecil-kecil.

Setelah parfum padat terpotong bungkus dengan kertas yang telah dilubangi. Setelah itu tempatkan potongan ukuran kecil dan tipis di sela-sela filter AC. Untuk menempatkan parfum ini Anda bisa membuka bagian dashboard lalu mencopot filter AC yang berbentuk ruas-ruas. Setelah itu pasang kembali filter AC.

Aroma akan menyebar secara maksimal setiap AC dinyalakan. Anda bisa melakukan pengecekan berkala dan mengganti potongan parfum padat yang sudah hambar dengan parfum padat yang baru.

  1. Jangan Tempatkan Parfum di Area yang Terpapar Sinar Matahari

Menempatkan parfum di area yang mudah terpapar matahari seperti di dashboard ternyata kurang tepat. Kondisi tersebut tidak hanya membuat parfum cepat hambar dan kering, namun berpotensi mengganggu kesehatan karena memicu penyebaran zat racun yang disebut benzene.

Senyawa tersebut biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan deterjen, pewarna, termasuk parfum. Saat senyawa tersebut terhirup dalam jumlah besar, dapat meningkatkan risiko terkena anemia, gangguan kehamilan, bahkan kanker. Oleh karena itu sebisa mungkin menempatkan parfum di area tersebut.

  1. Pilih Parfum Berkualitas

Parfum mobil dengan harga murah tentu punya kualitas yang berbeda dengan parfum mobil mahal. Tentu saja harga berpengaruh pada kualitas dan kuantitas bahan baku parfum. Agar parfum mobil lebih tahan lama pilihlah parfum mobil berkualitas.

  1. Rajin Membersihkan Mobil

Seberapa pun mahalnya parfum yang diletakkan di dalam, jika kondisi mobil sering kotor maka usaha tersebut akan sia-sia belaka. Pemilik mobil harus sadar bahwa kebersihan ikut menentukan kenyamanan dalam berkendara.

Parfum yang dibutuhkan tentu lebih sedikit pada kondisi mobil yang bersih dibandingkan dengan kondisi mobil yang kotor. Usahakan untuk membuang sumber aroma menyengat.

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk mengetahui tips memilih parfum mobil untuk menambah kenyamanan berkendara.

Itulah informasi terkait tips menaruh parfum mobil. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.