Bagikan:

JAKARTA - Bagi pemilik roda empat, AC menjadi salah satu komponen penting apalagi saat ini cuaca sedang panas terik, dimana dapat membuat suhu kabin menjadi dingin dan mengemudi bisa tetap fokus.

Namun tak sedikit yang mengalami masalah dimana tiba-tiba AC tidak berfungsi, atau tidak dingin lagi. Kondisi tersebut tentu sangat menjengkelkan.

Menurut Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, Jakarta ada beberapa penyebab, termasuk seringnya pemilik kendaraan kurang memerhatikan treatment pendingin ruangan tersebut.

"Salah satunya karena pemilik mobil kurang memerhatikan servis, alhasil bisa panas," katanya, kepada VOI, Minggu, 8 Oktober.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Angga ini mengatakan, untuk komponen yang menyebabkan ac menjadi panas bisa dikarenakan part yang sudah usang.

"Penyebabnya itu bisa karena part ac sudah rusak karena umur, seperti selang, evaporator, hingga kondensor," tambahnya.

Selain itu kinerja magnetic clutch yang sudah kurang maksimal juga bisa menjadi pemicu utama. Sebab, komponen tersebut memiliki peran penting untuk menghubungkan kompresor dengan putaran mesin.

"Bisa juga karena magnetic kurang maksimal dan juga kompresor sudah lemah," paparnya.

Untuk itu ia merekomendasikan segera membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel spesialis terdekat, guna melihat masalah apa yang bisa menyebabkan AC mobil panas.