Bagikan:

JAKARTA - Hyundai kembali meraih tonggak pencapaian di pasar otomotif Indonesia. Ini diraih oleh salah satu kendaraan listrik unggulannya, Ioniq 5.

Berdasarkan data penjualan yang dikumpulkan selama delapan bulan pertama 2023, crossover listrik tersebut berhasil menempati posisi teratas sebagai market leader mobil dengan harga di atas Rp700 juta dengan segment share 18,9 persen.

"Melihat respons positif yang kami terima sepanjang tahun ini, Hyundai mengucapkan terima kasih atas antusiasme konsumen yang telah menempatkan kepercayaan terhadap model kendaraan Hyundai sebagai pilihan kebutuhan sehari-hari," kata Franciscus Soerjopranoto, sebagai Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), dalam keterangan yang diterima VOI, Kamis, 5 Oktober.

Pencapaian positif tersebut berlanjut ke model Stargazer yang menyumbang pangsa pasar 15,7 persen di wilayah Jabodetabek. Kemudian, penjualan ritel periode Januari-Agustus 2023, pabrikan asal Korea Selatan ini juga memimpin di pasar mobil dengan banderol di atas Rp700 juta dengan pangsa pasar 31,7 persen.

Dengan demikian, Hyundai Ioniq 5 berhasil mengamankan posisi teratas dalam segmen tersebut. Kemudian, model milik Hyundai lainnya menyusul seperti Palisade yang berada di posisi ke-3.

Selanjutnya, penjualan MPV tersebut menduduki posisi kedua di DKI Jakarta, Tangerang, dan Bogor, serta menempati posisi kedua di wilayah Jabodetabek, serta posisi ketiga di Depok dan Bekasi yang ditunjukkan oleh rata-rata penjualan sepanjang Januari-Agustus 2023.

Secara keseluruhan, penjualan ritel yang diraih oleh pabrikan tersebut pada Agustus 2023 mengalami peningkatan hingga 40 persen dibandingkan dengan Juli 2023, baik dari segi volume maupun pangsa pasar.

Performa impresif tersebut didorong oleh sambutan luar biasa konsumen Indonesia terhadap Stargazer dan Creta yang saat ini menjadi dua model Hyundai terlaris di tanah air.

Di Indonesia, Hyundai menawarkan beberapa varian untuk Ioniq 5, termasuk Prime Standard Range sebagai varian terendah dengan jarak tempuh hingga 384 km dengan harga Rp759 juta. Sementara itu, varian tertinggi, yaitu Prime Long Range dengan jarak tempuh 481 km, dibanderol seharga Rp800 juta, dan Signature Long Range dengan kemampuan mencapai 451 km dijual seharga Rp870 juta. Semua varian sudah dilengkapi dengan fitur terbaru, Bluelink.