Matikan AC Mobil saat Menanjak Bisa Bikin Bahan Bakar Lebih Irit, Mitos atau Fakta?
Foto ilustrasi. (Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mematikan AC kerap dilakukan banyak pengemudi saat melewati jalan yang menanjak, dengan tujuan agar bahan bakar lebih irit serta mobil memiliki tenaga yang kuat.

Lantas apakah benar? Menurut Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, Jakarta, hal tersebut ternyata hanya mitos semata.

"Karena pada intinya beban kompresor AC tetap ada saat mesin menyala, jadi baiknya tetap dinyalakan saja tidak ada masalah," katanya, kepada VOI.ID beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan pengaruh penggunaan bahan bakar bisa disebabkan banyak hal, termasuk pemilihan oktan untuk kendaraan tersebut. Sebab, setiap mobil memiliki standar yang ada.

Tak hanya itu saja, kondisi ruang bakar juga menjadi salah satu alasan bahan bakar lebih irit. Ketika ruang bakar tidak dalam kondisi baik tentu sangat berpengaruh.

Selain itu, dikutip dari laman Honda, Senin, 9 Oktober ada beberapa hal lain yang memang memengaruhi konsumsi bahan bakar saat melibas tanjakan, termasuk pengendalian mutlak pengemudi, serta beban muatan bisa menjadi salah satu faktor utama.

Jadi, mematikan AC saat menanjak bisa membuat bahan bakar irit serta bertenaga hanyalah mitos semata, untuk itu Anda bisa tetap menyalakan komponen tersebut.