Bagikan:

JAKARTA - Aion Indonesia mengajak awak media untuk merasakan sensasi berkendara langsung model Y Plus dengan rute Jakarta-Bandung-Jakarta.

Mobil satu ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 50,66 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak 410 km hitungan NEDC, dalam sekali pengisian daya. Lantas seberapa irit mobil ini ketika digunakan dengan jarak tempuh yang tergolong jauh?

Saat melakukan test drive, Tim VOI menggunakan mobil Aion Y Plus varian Exclusive, dengan berisi empat orang penuh dari beberapa media di Indonesia.

8

Total baterai saat perjalanan berada di posisi 98 persen, dan sesampainya di Jakarta baterai mobil listrik satu ini tersisa 25 persen. Total perjalanan menempuh jarak sejauh 331 km dengan hasil rata-ratanya 14,4 kWh per 100 km atau sekitar 6,94 km per kWh.

9

Jika dihitung dengan tarif listrik yang dipatok Rp 1.444 per kWh biaya pengisian baterai listrik Aion Y Plus sampai penuh hanya membutuhkan Rp73.153 ribu rupiah. Dengan demikian, membuat Aion Y Plus menjadi salah satu model yang cukup efisien.

Sebagai catatan, penggunaan mobil listrik Aion Y Plus digunakan secara bergantian. Tetapi, dipastikan selama perjalanan menggunakan mode berkendara eco dan ac tetap menyala. Perjalanan juga sempat mengelilingi Kota Bandung, dan mampir ke beberapa lokasi.

Rute yang dilalui setiap kelompok sama dengan kondisi jalan yang bervariatif, baik menanjak, menurun. Apalagi ketika menuju Bandung yang memang serba menanjak.

Selain itu, saat perjalanan juga dikombinasikan dengan fitur rem regeneratif yang digunakan ketika kondisi jalan menurun. Fitur ini sangat berguna apalagi saat pulang kembali ke Jakarta.