Bagikan:

JAKARTA - Yamaha menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, bukan hanya melalui produk sepeda motor untuk mendukung mobilitas, tetapi juga melalui penyediaan sistem pengolahan air minum bersih di berbagai daerah terpencil di Indonesia, berkolaborasi dengan beberapa mitra, termasuk Kedutaan Jepang di Indonesia.

Bukti nyata dari upaya pengadaan sistem pengolahan air minum bersih ini adalah pemasangan 14 unit mesin Yamaha Clean Water (YCW) berbagai tipe oleh Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) di berbagai wilayah sejak tahun 2010.

YMNI tidak hanya terbatas pada pemasangan unit YCW, tetapi juga aktif membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya air bersih dan air minum dalam kehidupan sehari-hari. Ini dilakukan melalui kegiatan edukasi di dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang berada di wilayah di mana unit YCW terpasang. Program ini telah terbukti memberikan dampak positif, meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dari segi kesehatan dan produktivitas ekonomi.

"Berdasarkan hal itu, Yamaha bersama mitra kami pun kembali datang ke Desa Cikadu, Purwakarta, untuk memberikan edukasi sejak dini terkait Pentingnya air bersih dan air minum kepada Adik-adik semua,” kata Takeshita Naotaka selaku President Director PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia (YMNI) yang juga menjabat sebagai Vice President Director, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis, 14 Desember. 

Sebagai bentuk realisasi komitmen tersebut, pada tanggal 12-13 Desember, YMNI mengadakan event bertajuk Yamaha Learn & Play yang pertama kali dilakukan di SDN Wanasari 1 Karawang dan SDN Cikadu, Purwakarta.

Pada acara Yamaha Learn & Play, edukasi tentang pentingnya air bersih dan air minum disampaikan kepada para siswa melalui metode cerita yang disebut Kamishibai, menggunakan kertas bergambar yang menarik. Selain itu, anak-anak diajak bermain rugby, sepak bola, dan bulu tangkis dengan peralatan olahraga yang didonasikan oleh YMNI. Sesi olahraga ini dihadiri oleh dua mantan atlet rugby dari Jepang.

Aktivitas edukasi semakin menarik dengan adanya kegiatan Yamaha Riding Academy (YRA) Kids yang dipandu oleh instruktur. Pada sesi ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang sepeda motor dan keselamatan di jalan, tetapi juga dapat mencoba berkendara dengan motor uji YRA Kids, yaitu Yamaha PW-50 berkapasitas mesin 50cc.

Sesi uji kendara ini tidak hanya memberikan hiburan kepada siswa, tetapi juga memberikan pengalaman langsung.

"Anak-anak sangat terhibur dan banyak mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Ini diharapkan dapat membangun kesadaran mereka sejak dini untuk membentuk pola hidup sehat dan mematuhi prinsip keselamatan berkendara di jalan umum," kata Lilis, Kepala Sekolah SDN Cikadu, Purwakarta.

Sebagai informasi tambahan, PT Yamaha Motor Nuansa Indonesia adalah bagian dari Yamaha Group yang berfokus pada layanan jasa perawatan dan perbaikan filter air Yamaha. Selain itu, YMNI juga merupakan produsen dan distributor resmi Yamaha Clean Water Supply System untuk pasar domestik dan ekspor.