JAKARTA - Laporan terbaru dari Asosiasi Produsen Sepeda Motor Eropa (ACEM) menyebut dari Januari hingga September 2023, total 873.985 sepeda motor baru terdaftar di pasar utama benua Eropa.
Sebagai perbandingan, pada tahun 2022 yang juga merupakan tahun positif bagi pertumbuhan pasar Eropa, terdapat 781.839 pendaftaran sepeda motor baru dari Januari hingga September.
Pada tahun 2023 ini angkanya tumbuh sebesar 11,8 persen, dengan total 873.985 pendaftaran sepeda motor baru dalam periode yang sama.
Dalam laporan itu, Italia menjadi pasar terkuat untuk sepeda motor, dengan pertumbuhan terbesar mencapai 19,4 persen, tercatat 271.552 sepeda motor dua roda baru.
Spanyol berada di posisi kedua dengan 154.019, mengalami peningkatan sebesar 13,4 persen. Jerman menempati posisi ketiga dengan pertumbuhan 9,6 persen berkat 190.490 pendaftaran baru. Prancis berada di tempat keempat dengan peningkatan sebesar 8,7 persen dan tercatat 168.118 unit. Sementara itu, Inggris stabil dengan 89.806 pendaftaran, menunjukkan penurunan sebesar 0,4 persen.
Nah, sayangnya penguatan pertumbuhan ini tidak berlaku bagi motor matik. Meskipun segmen sepeda motor mengalami peningkatan penjualan, dari Januari hingga September 2023, hanya terdapat 155.098 sepeda motor matik yang terdaftar, atau turun sebesar 25 persen dibandingkan dengan 206.927 unit pada tahun lalu.
Perlu dicatat laporan ACEM hanya mencakup Prancis, Belanda, Jerman, Italia, Belgia, dan Spanyol. Klasifikasi sepeda motor matik pun bervariasi di berbagai wilayah, dengan umumnya dianggap sebagai L1eB dan L2e untuk dua dan tiga roda.
"Pertumbuhan kuat pasar Eropa dalam sembilan bulan pertama menunjukkan minat berkelanjutan konsumen terhadap sepeda motor bertenaga, baik untuk komuting harian maupun rekreasi. Angka awal untuk Oktober mengkonfirmasi tren positif untuk sepeda motor, dengan volume sepeda motor matik sebagian pulih," Ungkap Sekretaris Jenderal ACEM, Antonio Perlot, dilansir Rideapart, Rabu, 22 November.
BACA JUGA:
Baru berakhirnya pameran EICMA 2023, juga dinilai akan mendorong pertumbuhan penjualan hingga akhir tahun mengingat banyak model baru, baik listrik maupun pembakaran dalam untuk model tahun 2024.
Anggota ACEM termasuk 18 produsen seperti BMW, Ducati, KTM, MV Agusta, Piaggio, dan Triumph, serta keempat produsen besar Jepang.
Perlu dicatat bahwa pemain baru - terutama dari China - tidak terwakili dalam laporan ini, sehingga angka penjualan kemungkinan jauh lebih tinggi dari 873.985 pendaftaran baru yang disebutkan sebelumnya.