Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motor berencana untuk memperluas pasar di Eropa, bahkan akan membuat pusat penelitian dan pengembangan di sana.

Dikutip dari laman Cnevpost, Selasa, 28 November, setelah Jerman dan Inggris, Great Wall Motor berencana memperluas kehadirannya di delapan pasar baru meliputi Italia, Spanyol, Portugal, Belanda, Belgia, Luksemburg, Austria dan Swiss.

Bahkan merek asal China tersebut telah memulai perencanaan produksi dan penjualan lokal di Eropa, serta memulai proses pemilihan lokasi untuk pusat penelitian dan pengembangan.

Nantinya di beberapa negara Eropa termasuk Jerman, Inggris, Irlandia, dan Swedia, GWM akan menjalin hubungan dengan mitra lokal, dan perjanjian dengan mitra di pasar lain sedang dalam proses.

Pada kesempatan ini GWM memiliki dua strategi untuk memasuki pasar Eropa, mengekspor berbagai model dan memproduksi serta menjualnya secara lokal. Strategi model kedua akan melibatkan investasi sumber daya lebih besar namun juga lebih kondusif bagi pertumbuhan jangka panjang di pasar lokal.

Langkah GWM ini untuk pasar Eropa bukan berita baru, di mana pada akhir November 2021, jenama asal China tersebut menyatakan telah membuka anak perusahaan di Jerman, dan mendirikan kantor pusat Eropa di Munich sebagai pusat pengembangan pasar Eropa guna mempercepat strategi ekspansinya.

Pendirian kantor pusat di Eropa akan memperkuat kolaborasi Great Wall Motor dengan para pemasok, termasuk investasi pada berbagai perusahaan untuk mencapai tujuan yang dicanangkan.