Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari pabrikan otomotif China Great Wall Motor (GWM). Dilaporkan GWM bakal menutup kantor pusat di Eropa, tepatnya di Munich, Jerman.

Menurut lansiran Carscoops, Kamis, 30 Mei, jenama tersebut akan memberhentikan seluruh staf termasuk jajaran manajemen. Dengan demikian, rencana ekspansi GWM ke berbagai negara di benua biru telah dibatalkan.

Kantor pusat tersebut akan ditutup pada akhir Agustus mendatang dengan 100 karyawan akan diberhentikan. Sumber yang sama menyatakan bahwa karyawan dan perusahaan mitra telah diberitahu.

Langkah menutup kantor pusat ini harus diambil karena pabrikan melihat penjualannya di Eropa berlangsung lama. Pada tahun lalu, GWM bukukan penjualan sebanyak 316.018 unit di pasar luar China, termasuk 6.300 unit di antaranya merupakan Eropa.

Lebih lanjut, pabrikan yang didirikan pada 1984 lalu ini menunda target penjualan 1 juta unit kendaraan di luar China dari 2025 hingga 2030 dengan alasan kondisi pasar yang tidak menentu.

Meskipun demikian, GWM telah mengeluarkan pernyataan tentang komitmennya di pasar Eropa dan mengakui perlu adanya penyesuaian di tengah pasar yang bergejolak.

Pada akhir 2023 lalu, pabrikan mengumumkan penggabungan merek Ora dan Wey. Saat itu, mereka merencanakan akan memperluas pasarnya ke Spanyol, Italia, Portugal, Belgia, Luxembourg, Belanda, Austria, Swiss, Denmark, Islandia, dan Bulgaria. Namun, karena kabar buruk ini rencana tersebut dibatalkan.

Dengan ditutupnya kantor pusat di Jerman, maka seluruh aktivitas manajemen akan berpindah ke kantor pusat di Baoding, China.

GWM saat ini menjual beberapa produk di Eropa, mencakup Ora 03 atau Ora Funky Cat serta Wey 03 dan 05. Kemungkinan pabrikan akan meluncurkan mobil listrik bergaya Porsche Panamera, Ora 07 di benua biru pada musim panas ini.