Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) produsen mobil asal China mencatatkan pencapaian penjualan apik di bulan Desember 2023 dengan total 29.816 unit kendaraan energi baru (NEV) meningkat dari tahun ke tahun sebesar 168,6 persen. 

Dikutip dari laman Carnewschina, Selasa, 2 Desember, dengan catatan di atas menjadikan penjualan NEV kumulatif tahunan sebanyak 261.546 kendaraan, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 98,39 persen. 

GWM hadir dengan menawarkan berbagai merek, seperti Haval, Ora, Tank, Wey dan GWM pikap. Salah satu yang menjadi daya gedor yakni penjualan kumulatif NEV merek Haval pada tahun 2023 melebihi 77.000 unit, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 649 persen.

Sebelumnya, pada tanggal 22 Mei, Li Ruifeng, Chief Growth Officer GWM, mengungkapkan bahwa semua model dari produsen mobil tersebut akan dilengkapi dengan teknologi hybrid Hi4 sebagai standar pada akhir tahun 2024.

Sementara itu, GWM melaporkan bahwa penjualannya di luar negeri pada tahun 2023 untuk pertama kalinya melampaui 300.000 unit kendaraan, dan penjualan kumulatif di luar negeri hingga saat ini telah melampaui 1,4 juta kendaraan. 

Saat ini, GWM berencana untuk berekspansi lebih jauh ke pasar Eropa setelah memasuki pasar Jerman dan Inggris, termasuk delapan pasar baru di Eropa, seperti Italia, Spanyol, Portugal, Belanda, Belgia, Luksemburg, Austria, dan Swiss.

Pada bulan November, GWM merilis strategi ONE GWM Eropa, dan selanjutnya, memperkenalkan WEY 03 (sebelumnya dikenal sebagai Wey Coffee 02) ke pasar Eropa dan secara resmi akan debut di Roma dengan acara test drive eksklusif.

Selain pasar Eropa, GWM juga berencana mempercepat penerapan NEV di pasar Asia Tenggara. Pada tanggal 29 November, GWM meluncurkan kendaraan listrik murni Ora 07 (sebelumnya dikenal sebagai Ora Lightning Cat) di Thailand. 

Tak hanya Thailand, GWM juga sudah memperkenalkan berbagai model kendaraannya di Indonesia, pada Agustus lalu di ajang pameran GIIAS 2023 dan mencuri perhatian banyak orang. Dikabarkan tahun ini beberapa model akan mulai dijual di berbagai kota besar di bawah naungan Indomobil.