Tanda-Tanda Xiaomi Bakal Garap Mobil Listrik
Xiaomi siap garap mobil listrik (Xiaomiplanet)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah maraknya persaingan mobil listrik dunia, sejumlah perusahaan teknologi mulai melirik ranah tersebut. Salah satunya adalah Xiaomi. Raksasa teknologi asal China tersebut dikabarkan bakal serius menggarap mobil listrik.

Tercatat sudah beberapa kali bos Xiaomi, Lei Jun mendatangi pusat Penelitian dan Pengembangan di pabrikan mobil terbesar China, Great Wall Motor. Informasi tersebut memperkuat rumor keseriusan Xiaomi dalam memproduksi kendaraan otonom.

Berdasarkan laporan Ubergizmo, Lei Jun mendatangi Great Wall Motor pada 8 Juni lalu. Kedatangan bos Xiaomi tersebut terjadi setelah pihaknya diinformasikan sudah melakukan kerja sama dengan pihak Great Wall Motor dalam pengadaan mobil listriknya.

Meskipun demikian, pihak Xiaomi dan Great Wall Motors sama-sama bungkam terkait kunjungan Lei Jun tersebut. Dia beberapa kali mendatangi R&D pabrikan mobil Great Wall Motors.

Sebelumnya, pihak Xiaomi dikabarkan membantah rumor yang menyatakan pihaknya bakal menggarap proyek mobil listrik. Tidak lama kemudian, pihak perusahaan mengumumkan rencana jangka panjangnya dan mulai berinvestasi pada pengadaan mobil listrik senilai 10 miliar dolar AS.

Tidak hanya Xiaomi saja yang bakal memasuki arena persaingan mobil listrik, Apple juga dikabarkan melakukan hal yang sama. Raksasa teknlogi asal Amerika Serikat itu dikabarkan sudah merekrut tokoh penting dari BMW dan Canoo, Ulrich Kanz.

Jika Xiaomi dan Apple berhasil mewujudkan rencana mereka dalam beberapa tahun mendatang, keduanya berpotensi menjadi penghalang dominasi Tesla di pasar mobil listrik global.