Bagikan:

JAKARTA - Toyota, perusahaan otomotif terbesar di dunia, mengumumkan peningkatan produksi sebesar 1,5 persen pada bulan September dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total produksi mencapai 900.919 unit. Capaian ini terutama dipengaruhi oleh permintaan yang kuat di wilayah Jepang, AS, dan Eropa.

Berdasarkan laporan Reuters, Senin, 30 Oktober, produksi dalam negeri pabrikan mobil Jepang tersebut menyumbang lebih dari sepertiga dari total kendaraan yang diproduksi pada bulan tersebut, mengalami kenaikan sebesar 12,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara itu, produksi luar negeri mengalami penurunan sebesar 3,6%.

Toyota juga mencatat peningkatan penjualan global yang signifikan sebesar 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total penjualan mencapai 921.308 unit kendaraan. Capaian ini menandai pencapaian rekor baik dalam penjualan maupun produksi pada bulan tersebut.

Hingga saat ini, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 7,5 juta unit kendaraan selama sembilan bulan pertama tahun ini, termasuk merek seperti Lexus. Penjualan domestik meningkat sebesar 20,5% pada bulan September, sementara penjualan di Amerika Serikat naik sebesar 14%, dan penjualan di Eropa mengalami peningkatan sebesar 18,1%.

Namun, di wilayah seperti Thailand, Indonesia, dan Vietnam, penjualan menurun pada bulan September akibat kondisi perekonomian yang menantang. Di China, pasar terbesar bagi mobil Toyota, pabrikan tersebut melaporkan penurunan produksi sebesar hampir 7%, meskipun penjualan dilaporkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara, berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia menunjukkan penurunan pada bulan September 2023, dengan total penjualan grosir mencapai 79.883 unit, turun 10,1 persen dibandingkan bulan Agustus 2023 yang mencatat 88.878 unit.

Dari total penjualan bulan September sebanyak 79.883 unit, Toyota berhasil menjual sebanyak 25.928 unit. Meskipun berhasil mempertahankan posisi teratas, namun angka penjualan Toyota menurun jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2023 yang mencapai 30.149 unit.