Merefleksikan Nilai Perusahaan, Honda Luncurkan Seragam Wiraniaga Terbaru dengan Motif Tenun Ikat
Honda memperkenalkan seragam terbaru untuk wiraniaga hasil kolaborasi dengan Didiet Maulana. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis seragam untuk wiraniaga Honda dengan aksen tenun ikat pada pertengahan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Seragam yang diberi nama Anantya Karana ini adalah hasil kerjasama antara HPM dan Didiet Maulana bersama Sarupa by IKAT Indonesia.

Desain seragam ini terinspirasi oleh warisan budaya Indonesia dan juga mencerminkan identitas Honda. Langkah ini juga sejalan dengan visi besar Honda di Indonesia yang memiliki kedekatan yang kuat dengan masyarakat setempat.

Didiet Maulana, Direktur dari IKAT Indonesia, menjelaskan bahwa desain tenun ikat Anantya Karana adalah suatu narasi yang merefleksikan nilai-nilai yang dipegang oleh Honda, termasuk kepercayaan, keamanan, dan kenyamanan.

"Desain ini mengambil inspirasi dari budaya Indonesia dan Jepang, mencerminkan keramahan yang ditunjukkan oleh Honda dalam setiap layanannya," ujar Didiet dalam pernyataannya pada Kamis, 17 Agustus.

Sejalan dengan pandangan Didiet Maulana, Yessy Anastasia, Kepala Departemen PR dan Event PT HPM, menjelaskan bahwa seragam baru ini memiliki makna yang mendalam bagi Honda, memberikan kepercayaan diri bagi wiraniaga untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

"Seragam ini juga mencerminkan filosofi 'Three Joys' dari Honda, termasuk kesenangan dalam menjual produk-produk Honda," kata Yessy.

Nama Anantya Karana berasal dari bahasa Sanskerta, menggambarkan komitmen untuk bekerja sama dengan pelanggan melalui berbagai bentuk kesenangan. Motifnya terinspirasi oleh batik Kawung yang simbolis sebagai manusia yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Desain ini juga memasukkan elemen dari motif Shippou yang melambangkan kesejahteraan dan harmoni, serta motif bunga sakura yang mencerminkan keindahan hidup dan harapan.

Warna yang mendominasi seragam wiraniaga adalah hitam, melambangkan inovasi dan kolaborasi teknologi. Selain itu, terdapat warna merah yang melambangkan hangat dan optimisme. Warna abu-abu melambangkan profesionalisme yang memberikan solusi, dan warna putih yang melambangkan kesatuan.

Motif wajik mewakili harmoni hubungan antara Honda dan pelanggannya, sedangkan motif bunga sakura mencerminkan harapan akan kualitas berkelanjutan.

Pola tiga titik mewakili "Three Joys" Honda - Joy of Buying, Joy of Selling, dan Joy of Creating - serta mewakili tiga prinsip individu: inisiatif, kesetaraan, dan kepercayaan.