Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menghindari Ledakan pada Baterai Sepeda Motor Listrik
Alva Cervo. (Dok. Alva Auto)

Bagikan:

JAKARTA - Pesona sepeda motor listrik semakin memikat berbagai kalangan yang ingin memiliki kendaraan ramah lingkungan dengan desain futuristik dan efisiensi tinggi untuk penggunaan sehari-hari.

Bagian penting dari sepeda motor listrik adalah baterai. Dengan baterai terisi, pengguna tidak perlu khawatir menggunakan kendaraan roda dua ini dalam berbagai aktivitas.

Namun, meskipun praktis dan efisien, perawatan baterai menjadi kunci penting untuk pemilik sepeda motor listrik. Baterai yang tidak dirawat dengan baik dapat menjadi pemicu masalah serius, bahkan hingga menyebabkan korsleting dan potensi ledakan.

Tentu saja, para pengguna tak perlu cemas karena masalah ini bisa dihindari dengan perawatan yang tepat.

Putu Yudha, Chief Marketing Officer PT Iletra Motor Group (Alva), menjelaskan bahwa ledakan atau kebakaran pada baterai disebabkan oleh suhu baterai yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, setiap baterai dilengkapi dengan BMS (Battery Management System) yang berfungsi mengatur kinerja baterai secara optimal dan aman.

"Dalam merawat baterai, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dengan suhu yang tepat. Hindari juga penggunaan baterai hingga 0 persen, karena ini dapat menyebabkan BMS terkunci dan tidak berfungsi," ungkap Yudha kepada VOI pada Senin, 31 Juli.

Selain itu, hindari benturan keras pada baterai saat memindahkannya. Hal ini dapat mempengaruhi performa dan kualitas baterai motor listrik secara keseluruhan.

Dengan merawat baterai dengan baik, Anda dapat memastikan baterai tetap dalam kondisi optimal dan tidak mengalami kerusakan. Namun, jika Anda menemukan baterai dengan keretakan, kebocoran, atau menggembung, segera gantilah baterai tersebut.

"Kedua, baterai juga perlu diganti apabila terminal baterai berkarat atau bengkok," tambah Yudha.

Pastikan perawatan baterai dilakukan dengan teliti agar sepeda motor listrik Anda tetap aman dan berkinerja optimal. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati kenyamanan berkendara tanpa khawatir akan masalah pada baterai. (Foto: Alva Cervo - Sumber: Alva Motor)

Terkait