Mantan Atlet Profesional Terkaya di Dunia, Michael Jordan Berapa Kekayaannya?
Michael Jordan (Instagram @michaeljordan)

Bagikan:

JAKARTA - Michael Jordan tidak hanya dianggap sebagai pebasket terhebat sepanjang masa, tetapi dia juga salah satu brand endorser paling sukses yang pernah ada.

Legenda bola basket Amerika Serikat itu memenangkan enam Kejuaraan NBA bersama Chicago Bulls antara 1991 hingga 1998, dan terus menjadi sosok inspirasional bagi banyak orang.

Keberhasilannya di lapangan NBA serta kesepakatannya yang menghasilkan uang dengan Nike telah membuatnya menjadi mantan atlet profesional terkaya di dunia.

Melansir MARCA, Selasa, 19 Oktober, kekayaan bersih Jordan saat ini mencapai total 1,6 miliar dolar AS, dan itu tidak bisa dilepaskan dari kesepakatannya dengan Nike.

Mundur ke tahun 1984, Jordan menandatangani kontrak dengan Nike karena merek AS itu menyetujui komitmen di muka sebesar 250.000 dolar AS dan lini sepatunya sendiri.

Pada saat itu, Nike adalah perusahaan pemula yang berjuang untuk bersaing dengan perusahaan seperti Converse dan Adidas, tetapi memanfaatkan momen mereka ketika Converse gagal menyetujui tuntutan Jordan.

Tahun itu saja, Nike memperoleh 126 juta dolar AS sebagai hasil dari kesepakatan tersebut, dan mereka terus mendapatkan jumlah yang menggiurkan sejak saat itu.

Pada akhir 2019, diperkirakan bahwa merek Nike Air Jordan bernilai 3 miliar dolar AS di mana 'His Airness' menghasilkan lebih dari 1,3 miliar dolar AS dari jumlah itu.

Kesepakatan tersebut melambungkan Nike ke posisi monopoli total atas bisnis sepatu basket, dan membantu mereka memantapkan diri sebagai salah satu merek terbesar dan paling berharga di dunia.

Dan Jordan, tentu saja meraup kekayaan yang sangat besar.