Ronaldo Depak Messi dari Posisi Pesepak Bola dengan Bayaran Tertinggi
Cristiano Ronaldo (Instagram @cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak merampungkan kepindahannya ke Manchester United pada musim panas, Cristiano Ronaldo menjelma jadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Menurut Forbes, dia menyalip rivalnya Lionel Messi.

Selama musim 2021/22, Ronaldo akan mendapatkan hampir 107 juta euro kotor, termasuk gaji hampir 60 juta euro dan lebih dari 40 juta euro pendapatan dari sponsor dan kemitraan dengan sejumlah merek.

Merek-merek tersebut antara lain Nike, Herbalife dan merek CR7, yang di dalamnya meliputi parfum, rentang pakaian, hotel dan pusat kebugaran.

Hanya tiga atlet yang memiliki pendapatan komersial lebih banyak dari Ronaldo. Legenda tenis Roger Federer (sekitar 77 juta euro), bintang bola basket LeBron James (55,5 juta euro) dan pegolf Tiger Woods (51 juta euro). Semuanya menghasilkan lebih dari Ronaldo dalam pendapatan endorsement.

Penghasilan terbaru Ronaldo ini telah membuatnya menyalip Messi yang pindah ke Paris Saint-Germain dari Barcelona pada musim panas. La Pulga ​​​​akan mendapatkan sekitar 94 juta euro kotor, dengan gaji 64 juta euro, tetapi pendapatan komersialnya yang lebih rendah. Messi disponsori oleh merek termasuk Adidas, Pepsi dan Budweiser.

Dua pesepak bola dengan bayaran tertinggi berikutnya juga merupakan penyerang PSG. Neymar menghasilkan 81 juta euro, meskipun memiliki gaji yang sama dengan Messi.

Di tempat keempat adalah penyerang Prancis Kylian Mbappe. Mbappe menghasilkan sekitar 37 juta euro. Gajinya bersama tim Ligue 1 adalah 24 juta euro.

Pemain depan Liverpool Mohamed Salah melengkapi lima besar, dengan penghasilan 35 juta euro.

Gelandang Spanyol Andrés Iniesta juga masuk dalam 10 besar dan merupakan satu-satunya pemain dari tim non-Eropa yang masuk dalam daftar.

Iniesta menghasilkan hampir 30 juta euro dari klub Jepang Vissel Kobe, sama seperti yang diperoleh Robert Lewandowski dengan Bayern Munich. Sementara Paul Pogba (Manchester United), menghasilkan €29 juta bruto per tahun.

Daftar ini dilengkapi oleh dua pemain Real Madrid: Gareth Bale dengan 27,3 juta euro dan Eden Hazard dengan 24,7 juta euro. Gaji kedua pemain ini sama tapi pendapatan komersial Hazard setengah dari pendapatan Bale.