<i>Hattrick</i> Ballon d'Or Cristiano Ronaldo dalam Sejarah Hari Ini, 12 Januari 2015
Cristiano Ronaldo memegang Ballon d'Or (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 12 Januari 2015, pesepak bola Cristiano Ronaldo dianugerahi Ballon d'Or untuk ketiga kalinya. Prestasi Ronaldo saat mendapatkan penghargaan tersebut mencakup 56 gol untuk Real Madrid.

“Ini merupakan tahun yang luar biasa. Saya ingin melanjutkan hal yang telah saya lakukan sejauh ini. Saya ingin mencoba untuk meningkatkan, menjadi lebih baik setiap hari,” kata Ronaldo, mengutip The Guardian.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan membawa pulang trofi ini pada tiga kesempatan dan saya ingin memenangkannya lagi. Saya ingin menjadi salah satu pemain terhebat sepanjang masa,” tambahnya.

Saat itu terdapat kritik yang mengatakan bahwa keberhasilan Ronaldo meraih Ballon d'Or menunjukkan penampilan buruknya di Piala Dunia 2014 dapat dengan mudah dilupakan. Saat itu Ronaldo datang ke Brasil untuk bertanding di Piala Duni 2014 dengan kondisi yang kurang fit.

Hal tersebut dikarenakan Ronaldo mengalami pasca-cedera tendon di lutut kirinya yang menganggu. Cedera tersebut juga membuatnya absen membela Real Madrid di beberapa laga jelang akhir musim.

Ronaldo dengan tegas menolak untuk memilih Messi, malah memilih Sergio Ramos, Bale dan Karim Benzema, yang semuanya di bawah naungan Real Madrid. Messi juga menghina Ronaldo, memilih Angel Di María, yang bermain bersamanya untuk Argentina, Andrés Iniesta, rekan setimnya di Barcelona, dan Mascherano, yang bermain dengannya untuk klub dan negara.

Cristiano Ronaldo (Foto: Instagram/cristiano)

Ballon d'Or Ronaldo

Pesepak bola asal Portugal tersebut pertama kali menerima Ballon d'Or saat berusia 23 tahun, yaitu pada 2008. Ronaldo adalah orang pertama dari negaranya yang memenangkan penghargaan Ballon D'Or sejak Luis Figo pada 2000.

Saat itu Ronaldo sering berbicara tentang peluangnya untuk memenangkan penghargaan tersebut. Pada satu titik, Ronaldo benar-benar menyatakan dirinya tidak hanya pesepakbola terbaik di dunia, tetapi juga kedua dan ketiga. Saat itu Lionel Messi di urutan kedua dan Fernando Torres di urutan ketiga.

Sejauh ini, Ronaldo telah mendapatkan lima gelar Ballon d'Or. Peraih Ballon d'Or terbanyak pertama adalah Lionel Messi yaitu sebanyak tujuh penghargaan. Pada 2021, Messi berhasil meraih Ballon d'Or setelah mengalahkan striker Bayern Munchen Robert Lewandowski dan gelandang Chelsea Jorginho. Messi menang setelah memperoleh 613 poin. Sementara Ronaldo berada di posisi keenam dengan 178 poin.

Ballon d'Or terakhir yang Ronaldo dapatkan adalah pada 2017. Dari 30 nama pesepak bola yang masuk dalam nominsai, Ronaldo berhasil meraih poin tertinggi yaitu 946 poin. Raihan poin tersebut mengalahkan jumlah poin Lionel Messi dan Neymar Junior yang berada di posisi kedua dan ketiga saat itu. Ronaldo dinilai memiliki performa terbaik sepanjang 2017.

Penghargaan Ballon d'Or telah diberikan sejak 1956 oleh majalah sepak bola Prancis France Football. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang dianggap memiliki performa terbaik dari tahun sebelumnya. Yang pertama menerima kehormatan ini adalah pemain Blackpool Stanley Matthews.

*Baca Informasi lain soal SEJARAH HARI INI atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya