Andres Iniesta, Makin Tua Makin Kaya
Andres Iniesta (Instagram @andresiniesta8)

Bagikan:

JAKARTA - Andres Iniesta adalah ikon sepak bola Spanyol. Dia sukses membawa La Furia Roja meraih kejayaan Piala Dunia dan Piala Eropa serta membantu Barcelona meraih sejumlah gelar La Liga dan Liga Champions.

Namun, gelandang elegan ini tidak hanya berguna di lapangan sepak bola. Iniesta, sejak pindah ke Jepang, ​​telah menjadi salah satu pesepak bola berpenghasilan tertinggi.

Majalah Forbes memperkirakan kekayaan Iniesta hampir mencapai 30 juta euro, yang menempatkannya di posisi ketujuh dalam daftar pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia, dan satu-satunya pesepak bola Spanyol yang masuk 10 besar.

Kedatangannya di Vissel Kobe telah memungkinkan hal ini. Iniesta baru-baru ini menandatangani perpanjangan kontrak untuk dua tahun ke depan dengan nilai 25,5 juta euro per tahun.

Itu merupakan 90 persen dari pendapatannya, sementara 10 persen sisanya berasal dari sponsornya dengan merek-merek seperti Asics dan Nissan, serta usaha lainnya.

Penghasilan Iniesta ini sama seperti yang diperoleh Robert Lewandowski di Bayern Munich.

Lalu, siapa di peringkat pertama? Dia adalah Cristiano Ronaldo. Sejak merampungkan kepindahannya ke Manchester United pada musim panas, Ronaldo menjelma jadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.
Menurut Forbes, dia menyalip rivalnya Lionel Messi yang kini berseragam Paris Saint-germain.

Selama musim 2021/22, Ronaldo akan mendapatkan hampir 107 juta euro kotor, termasuk gaji hampir 60 juta euro dan lebih dari 40 juta euro pendapatan dari sponsor dan kemitraan dengan sejumlah merek.

Sementara itu, La Pulga ​​​​akan mendapatkan sekitar 94 juta euro kotor, dengan gaji 64 juta euro, tetapi pendapatan komersialnya yang lebih rendah. Messi disponsori oleh merek termasuk Adidas, Pepsi dan Budweiser.