Gairah Vettel Ketika Kembali ke Sirkuit Mugello setelah 8 Tahun
Sebastian Vettel (Instagram @vettelofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Sebastian Vettel bersama rekan satu timnya Charles Leclerc, Selasa, menyambangi Sirkuit Mugello di Italia untuk menjalani sesi tes privat bersama Ferrari. Setelah melakukan pemanasan jelang restart Formula 1 yang kurang dari dua pekan lagi, Vettel menyebut sirkuit di pegunungan Tuscany itu layak menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1.

Juara dunia empat kali Vettel mendapat jatah latihan di sesi pagi, 116 hari setelah terakhir kali berada di balik kemudi pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Karena adanya pembatasan jumlah tes terhadap mesin mobil tahun ini, maka Ferrari membawa SF71H, mobil musim 2018 mereka, yang dilengkapi ban non-balapan dari Pirelli.

"Saya senang bisa kembali ke kokpit setelah jeda yang bahkan lebih panjang dari libur musim dingin biasanya. Saya juga sangat lega melihat kalian semua di tim pada akhirnya," kata Vettel dilansir laman resmi Ferrari.

"Luar biasa bisa sekali lagi merasakan mobil ini dan menjalaninya di trek spektakuler seperti ini. Saya rasa Mugello layak untuk menggelar Grand Prix Formula 1."

Mugello rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang continental GT racing namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya.

Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai tes venue tengah musim pada 2012 di mana sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu. Vettel salah satunya.

"Saya belum pernah lagi melibas (trek) ini dalam delapan tahun, jadi butuh beberapa lap bagi saya untuk membiasakan diri dengan trek dan kemudian menikmatinya."

F1 telah merilis delapan seri awal di revisi kalender tahun ini dimulai dengan dua Grand Prix di Austria pada 5 dan 12 Juli hingga Grand Prix Italia di Monza pada 6 September.  Mereka juga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk menggelar balapan di luar delapan seri di kalender revisi yang telah dirilis.