Skema yang Mungkin Dilakukan IBL Jika Melanjutkan Kompetisi
Kompetisi IBL rencananya dilanjutkan pada September 2020 (Foto: IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 tengah diliburkan akibat pagebluk COVID-19. Kabarnya, pengelola ingin kompetisi segera dilanjutkan.

Titik terang soal itu sudah terlihat saat pemerintah menyiapkan kebijakan kenormalan baru. Dengan kebijakan itu, semua kegiatan bisa dilakukan asal menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rencananya, IBL akan dilanjutkan pada September mendatang. Penyelenggara pun sudah menyiapkan protokol kesehatan yang akan mengatur para pemain baik sebelum, saat, maupun setelah latihan.

Ada beberapa skema yang akan diterapkan IBL jika nantinya kompetisi dilanjut September mendatang. Pertama, IBL akan langsung memainkan babak play-off.

Babak play-off ini kemungkinan besar dilakukan di satu titik. DKI Jakarta menjadi tempat ideal jika format ini benar diterapkan pengelola. Usulan ini sempat diutarakan salah satu klub IBL, Amartha Hangtuah. 

Skema lain adalah menggelar pertandingan tanpa penonton. Skema ini bisa jadi dilema buat operator IBL dan klub. Pasalnya, ini berkaitan dengan sponsor dan juga pendapatan klub.

Operator IBL dan seluruh klub rencananya akan kembali menggelar rapat secara virtual untuk membahas kelanjutan nasib kompetisi. Sebelumnya, IBL dan klub sudah dua kali melakukan rapat virtual di tengah pagebluk COVID-19.