Dihentikan, Kompetisi IBL 2020 Resmi Tanpa Juara
Kompetisi IBL 2020 Tak Punya Sang Juara. (Dok. IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi basket nasional, Indonesian Basketball League (IBL) musim 2020, resmi dihentikan. Keputusan ini diambil setelah melihat kondisi yang berkembang.

Pihak penyelenggara melihat tak mungkin untuk melanjutkan kompetisi IBL 2020 di tengah pandemi. Apalagi sudah ada pernyataan dari pihak kepolisian tak mengeluarkan izin keramaian.

Selain menghentikan kompetisi, operator IBL juga memutuskan tak ada juara di kompetisi 2020. Peringkat klub pun tidak diumumkan karena jumlah pertandingan masing-masing klub ketika kompetisi tidak sama.

Meski demikian, IBL tetap menghitung dan mencatat semua hasil dan pencapaian dalam kompetisi musim 2020. Penghitungan ini penting untuk penentuan peringkat pemain di tiap klub. 

"Kompetisi ini tidak dibatalkan, hanya tidak bisa dilanjutkan saja," tutur Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah. 

Untuk statistik pemain, IBL akan tetap mengumumkannya berdasarkan perhitungan nilai efisiensi yang dicapai para pemain. Nantinya, perhitungan itu akan digunakan untuk menentukan penghargaan individu terbaik.

"Penghargaan individu akan diumumkan pada 18 Oktober mendatang," ungkap Junas.

Operator IBL kabarnya akan menggelar pertemuan dengan pihak klub dalam waktu dekat. Pertemuan ini untuk membahas agenda persiapan kompetisi IBL musim 2021.