Perbasi Bakal Kirim Juara IBL ke Kompetisi ASEAN Tahun Depan
Juara IBL Indonesia akan mengikuti kompetisi di level ASEAN (dok. Perbasi).

Bagikan:

JAKARTA – Klub juara Indonesia Basketball League (IBL) bakal mendapat tiket berkompetisi dengan klub-klub juara dari negara ASEAN.

Kabar itu lahir usai rapat SEABA di Malaysia pada 21 November 2023. Dalam pertemuan tersebut, induk basket internasional FIBA merancang persiapan membuat liga untuk klub-klub di ASEAN.

"Jadi dengan program ini, nanti juara IBL akan dikirim untuk bersaing dengan para juara di kompetisi masing-masing negara ASEAN," kata Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, dikutip laman federasi.

Pada pelaksanaannya nanti, klub-klub juara dari masing-masing kompetisi di setiap negara ASEAN akan diadu. Juara di Asia Tenggara selanjutnya akan mengikuti kompetisi antarklub negara-negara Asia.

Kemudian, yang terbaik di Asia akan bersaing di kejuaraan antarkontinental. Jenjang kompetisi ini diharapkan ikut mendongkrak kualitas kompetisi di masing-masing negara.

Saat ini nama turnamen serta garis waktu buat kompetisi di Asia Tenggara masih belum ditentukan. Namun, koordinasi antarfederasi negara ASEAN dengan FIBA ​​terus dilakukan untuk menyelesaikan itu semua.

Nirmala menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mengoordinasikan rencana ini dengan IBL. Perbasi meminta sang operator menjamin bahwa tim terpilih merupakan klub terbaik dari kompetisi satu musim terakhir.

"Turnamen ini murni diikuti klub terbaik hasil dari kompetisi di masing-masing negara. Jadi ini pertarungan antartim hasil kompetisi terbaik di masing-masing negara," kata dia.

Rencananya, turnamen tim antarnegara ASEAN itu akan dimulai tahun depan. Juara IBL musim 2023 berkesempatan menjadi salah satu peserta di ajang ini.

Meski demikian, terkait teknis penunjukan klub menjadi ranah IBL dan bakal mengacu klasemen kompetisi terakhir.