Marc Marquez Jalani Operasi Pompa Lengan
Marc Marquez menjalani operasi pompa lengan setelah tes MotoGP Valencia 2023 (Dok. Instagram @marcmarquez93).

Bagikan:

JAKARTA – Juara dunia enam kali, Marc Marquez, menjalani operasi pompa lengan sebagai persiapan menjaga peluangnya menghadapi MotoGP 2024.

Operasi tersebut dilakukan sehari setelah mengikuti tes pascamusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Pembedahan itu dilakukan di lengan kanannya.

"Pada paruh kedua musim ini, saya menderita sindrom kompartemen di lengan kanan saya," demikian tulis Marquez dalam postingan di media sosial Instagram.

Melansir Alodokter, sindrom kompartemen disebabkan oleh pembengkakan di dalam kompartemen, yang biasanya terjadi akibat cedera.

Karena fascia (selaput otot) tidak bisa mengembang, pembengkakan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam kompartemen.

Sindrom kompartemen ialah masalah umum dialami pebalap. Masalah ini berpengaruh pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, tergantung pada tingkat kesulitan sirkuit.

Masalah ini dirasakan oleh Marquez sejak tes Misano pada September 2023. Dia merasakan lengan kanannya mulai kaku.

Namun, jadwal yang padat dan kesibukan balapan menghalangi Márquez untuk menjalani operasi lebih awal.

"Kami memecahkan masalah pagi ini dengan dr. Ignacio Roger de Ona dan tim mereka agar siap menghadapi tahun 2024," tuturnya.

Dalam tes pascamusim, Marquez berhasil keluar sebagai yang tercepat keempat dengan motor barunya Ducati GP23. Hasil ini dinilai sangat menjanjikan untuk menatap musim depan.