Perbasi Bebaskan Pemain Lokal Naturalisasi Main di IBL 2024 Sejak Awal Musim
Pebasket naturalisasi Jerome Anthony Beane akan bermain untuk Pelita Jaya di IBL 2024 (dok. Perbasi).

Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) membebaskan pemain lokal naturalisasi bermain di Indonesia Basketball League (IBL) musim 2024.

Salah satu pemain yang didukung bermain sejak awal musim dalam kompetisi level tertinggi bola basket nasional tersebut ialah Jerome Anthony Beane.

Pebasket kelahiran Amerika Serikat ini adalah salah satu pebasket naturalisasi atau disebut lokal naturalisasi.

Keputusan Perbasi ini tertuang dalam surat tanggapan dari IBL terkait status Beane. Surat dimaksud bernomor 2313-REV/PP/DN/XII/2023 tanggal 22 Desember 2023.

"Beane merupakan salah satu bagian dari Timnas Indonesia yang dipersiapkan dalam ajang terdekat pada 2024. Maka dari itu, Perbasi memutuskan Beane dapat bermain pada IBL 2024 sejak awal musim," kata Sekjen Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan resmi.

Langkah mendukung Beane itu sesuai dengan rencana federasi dalam memudahkan koordinasi antara pemain dan Badan Tim Nasional (BTN) guna menatap agenda internasional pada 2024.

Hal itu melanjutkan keputusan Perbasi yang membebaskan pemain lokal naturalisasi berstatus pemain Timnas Indonesia bermain di kompetisi domestik.

Sebelumnya, para pemain lokal naturalisasi didorong bermain di liga luar negeri karena tujuan melakukan naturalisasi adalah untuk Timnas Indonesia bukan untuk klub.

Aturan ini kemudian direspons mereka dengan berlomba-lomba main di liga luar negeri untuk menjaga performa.

Akan tetapi, setelah dievaluasi, skenario ini kadang-kadang membuat BTN kesulitan memanggil pemain saat dibutuhkan tenaganya karena bertabrakan dengan agenda di masing-masing klub.

Karena itu, guna memudahkan pemanggilan pemain menghadapi agenda internasional 2024 seperti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 Jendela I yang digelar dengan format kandang-tandang, Perbasi pun mendorong pemain lokal naturalisasi bermain di liga lokal.

Selain mempermudah koordinasi, mendorong pemain lokal naturalisasi bermain di kompetisi lokal akan memudahkan BTN dalam menyusun program. Dengan demikian, kekuatan maksimal akan dimiliki Timnas Indonesia untuk menghadapi agenda penting.

Musim ini beberapa pemain lokal naturalisasi Timnas Indonesia sudah mulai direkrut klub-klub IBL. Mereka ialah Lester Prosper direkrut Dewa United, Xavier Ford memperkuat Satria Muda Pertamina, dan Anthony Beane diambil Pelita Jaya.

Direktur IBL, Junas Mardiansyah, mengatakan bahwa ketentuan pemain naturalisasi yang disebut lokal naturalisasi dapat bermain di IBL sebenarnya sudah ada sejak 2021.

"Dengan kehadiran pemain naturalisasi ini tentu mendorong peningkatan level permainan di liga nasional," kata Junas.

Seri reguler IBL 2024 akan mulai bergulir pada 10 Januari 2024 dengan format kandang dan tandang. Total ada 14 menjadi kontestan kompetisi tersebut.